Miracle Fruit, Si Buah Unik yang Berkhasiat Tinggi

KBRN, PADANG; Miracle fruit atau buah ajaib sedang populer dibicarakan banyak orang. Hal ini karena miracle fruit memiliki kemampuan unik, yaitu bisa mengubah rasa makanan apa pun menjadi manis. Mengapa bisa demikian? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Keunikan Miracle Fruit yang Bisa Mengubah Rasa

Miracle fruit sebenarnya memiliki rasa yang hambar. Lalu bagaimana buah ini bisa mengubah rasa apa pun menjadi manis? Setelah diteliti, perubahan rasa manis ini berasal dari molekul protein yang disebut mirakulin.

Mirakulin adalah sejenis protein yang dapat terikat pada sel-sel lidah dan mengubah strukturnya. Perubahan ini menyebabkan lidah menciptakan sensasi rasa manis, bahkan ketika yang menempel padanya adalah makanan asam atau pahit.

Ragam Manfaat Miracle Fruit untuk Kesehatan

Dilansir laman Alodokter, Berkat kemampuannya yang unik dalam mengubah rasa, miracle fruit sering kali digunakan sebagai pemanis alami yang rendah kalori. Namun, tak hanya sampai di situ, ada juga beberapa manfaat miracle fruit lainnya yang bisa kita peroleh, yaitu:

1. Menurunkan risiko diabetes

Miracle fruit sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu, miracle fruit juga dapat membantu penderita diabetes memuaskan keinginannya terhadap makanan manis tanpa harus mengonsumsi makanan tinggi gula yang tidak baik untuknya.

2. Memulihkan perubahan rasa di lidah setelah kemoterapi

Pasien kanker yang menjalani kemoterapi biasanya mengalami sejumlah efek samping, termasuk perubahan rasa yang membuat lidah terasa pahit. Kondisi ini tentu dapat membuat pasien kehilangan nafsu makan, sehingga berisiko menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.

3. Menurunkan berat badan

Makanan tinggi gula diketahui berperan besar dalam kenaikan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan tetapi kesulitan menghindari makanan manis, cobalah mengonsumsi miracle fruit bersama makanan sehat yang rendah gula.

4. Menambah selera anak untuk makan sayur

Sebagian orang tua mengeluhkan anak mereka yang tidak sudak makan sayur. Rata-rata, anak beralasan bahwa sayuran terasa pahit.

Daripada Anda memaksa, apalagi sampai memarahi anak, cobalah untuk memberikan miracle fruit kepadanya sebelum ia mengonsumsi sayur. Hal ini mungkin dapat membantu menambah selera anak untuk makan sayur. Namun, usahakan untuk tetap membiasakan anak makan sayur tanpa bantuan miracle fruit, agar ia bisa terbiasa dengan pola makan yang sehat hingga dewasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar