Bahaya Bulu Mata Palsu Untuk Kesehatan

KBRN, PADANG; Bahaya bulu mata palsu tidak boleh disepelekan. Bulu mata buatan ini bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan mata, apalagi jika penggunaannya tidak benar. Oleh karena itu, ketahui cara menggunakan bulu mata palsu dengan aman, agar bahaya bulu mata palsu bisa dihindari.

Bulu mata palsu banyak digunakan oleh wanita untuk membuat bulu mata tampak lebih lentik dan lebat. Namun, perlu diketahui, produk kecantikan ini bisa menyebabkan kerusakan pada bulu mata asli, bahkan bisa menyebabkan gangguan penglihatan yang permanen.

Bahaya Bulu Mata Palsu terhadap Kesehatan Mata

Ada beberapa jenis bulu mata palsu berdasarkan jangka waktu dan cara pemakaiannya, antara lain bulu mata palsu yang bisa dilepas pasang, bulu mata palsu magnetik, dan extension bulu mata. Namun, jenis bulu mata apa pun yang kamu gunakan memiliki risiko yang sama terhadap kesehatan mata. Dilansir laman Alodokter, Berikut adalah beberapa bahaya bulu mata palsu yang perlu kamu waspadai:

1. Iritasi dan alergi

Lem atau segala bentuk perekat yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu umumnya mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kelopak mata yang cenderung sensitif.

Meski jarang terjadi, penggunaan lem bulu mata palsu dengan bahan kimia tertentu, seperti cyanoacrylate, juga berpotensi menyebabkan luka bakar, terutama jika digunakan dalam jumlah yang banyak.

2. Infeksi

Dalam proses pemasangan bulu mata, bakteri dan kotoran bisa terjebak di bulu mata palsu dan menyebabkan infeksi atau peradangan pada kornea atau kelopak mata. Jika tidak segera diobati atau infeksinya parah, kondisi ini bisa merusak penglihatan secara permanen.

3. Kerusakan bulu mata asli

Penggunaan bulu mata palsu, khususnya extension bulu mata, berpotensi merusak folikel bulu mata asli. Jika extension bulu mata terlalu sering diulang, bulu mata asli bisa rontok dan mungkin tidak akan tumbuh kembali.

4. Mata kering

Sekarang banyak terdapat bulu mata palsu dengan bentuk yang sangat panjang dan lebat. Bentuk bulu mata yang tidak alami ini dapat menimbulkan “efek kipas angin” yang meningkatkan aliran udara di permukaan mata sehingga membuat mata jadi lebih cepat kering.

Seseorang yang terlalu sering menggunakan bulu mata dengan model seperti ini berisiko lebih tinggi untuk mengalami sindroma mata kering. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata, radang mata, bahkan kehilangan penglihatan jika tidak diobati.

5. Gangguan penglihatan permanen

Meski menghilangkan risiko terjadinya iritasi akibat lem bulu mata, bulu mata palsu magnetik yang tidak terpasang dengan benar berisiko menyebabkan bulu mata asli menekuk ke permukaan mata dan merusak kornea, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan permanen.

Pewarna pada bulu mata palsu juga bisa mengakibatkan iritasi yang serius pada mata. Bahkan, sebenarnya tidak ada bahan pewarna bulu mata palsu yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar