Bahaya Alkohol Lebih Besar daripada Manfaatnya

KBRN, PADANG: Berbagai informasi tentang bahaya alkohol mungkin sudah sering Anda dengar. Jika dikonsumsi berlerbihan, minuman berlkohol bisa berdampak buruk bagi kesehatan, mulai dari menyebabkan keracunan alkohol, kerusakan organ tertentu, hingga memicu terjadinya sejumlah penyakit.

Pada dasarnya, jika dikonsumsi dengan kadar tidak berlebihan, minuman beralkohol sebetulnya bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung.

Namun, kebiasaan minum minuman beralkohol bisa saja membuat Anda sulit mengendalikan jumlah minuman yang dikonsumsi, sehingga Anda bisa saja minum alkohol berlebihan hingga melebihi batas konsumsi alkohol yang aman. Hal ini kemudian bisa membuat Anda terkena berbagai dampak buruk atau bahaya alkohol.

Berbagai Bahaya Alkohol untuk Kesehatan

Dilansir laman Alodkter, Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan:

1. Gangguan Fungsi Hati

Hati merupakan organ terbesar di tubuh manusia yang berfungsi untuk menetralisir racun dari dalam darah. Selain itu, hati juga berperan dalam metabolisme lemak atau kolesterol dan produksi protein yang berguna untuk proses pembekuan darah.

Di dalam tubuh, alkohol yang Anda minum akan dicerna dan dimetabolisme oleh hati. Jika Anda sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, maka fungsi hati Anda akan terganggu. Konsumsi alkohol berlebihan bahkan bisa membuat organ tersebut rusak.

2. Kerusakan pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ penting di tubuh yang berperan dalam proses pencernaan. Organ ini bertugas untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pankreas juga berfungsi sebagai penghasil insulin untuk mengatur jumlah gula dalam darah.

3. Gangguan sistem pencernaan

Konsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengakibatkan terjadinya masalah pada saluran pencernaan. Hal ini bisa membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan baik, sehingga Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi.

4. Kerusakan otak

Salah satu bahaya alkohol yang juga tidak bisa disepelekan adalah gangguan fungsi dan kinerja otak. Hal ini terjadi karena konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat zat tersebut menumpuk di otak dan menyebabkan kerusakan pada otak serta jaringan saraf. Konsumsi alkohol dalam jangka pendek bisa menimbulkan berbagai efek pada otak, seperti kesulitan berpikir dan konsentrasi, tubuh gemetaran, mengantuk, dan sakit kepala.

5. Penyakit jantung

Minuman beralkohol sebetulnya baik untuk kesehatan, apabila dikonsumsi secara sesuai kebutuhan. Hal ini karena alkohol dapat mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

6. Peningkatan risiko kanker

Berbagai riset menyebutkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan berkaitan erat dengan peningkatan risiko kanker, miaslnya kanker mulut, kanker lidah, kanker hati, kanker lambung, dan kanker usus besar. Hal ini karena alkohol diketahui memiliki sifat karsinogen yang bisa merusak sel-sel di tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar