Cara Memperbaiki Mood supaya Hari Bisa Lebih Ceria

KBRN, PADANG:  Berpelukan merupakan cara memperbaiki mood yang cukup ampuh dilakukan saat sedang sedih. Anda juga bisa mencoba tidur siang sejenak untuk mendapatkan mood kembali.

Apa yang Anda lakukan apabila mood tiba-tiba turun dan mengurangi gairah untuk beraktivitas? Anda mungkin melakukan hal-hal yang tidak menyehatkan. Sebut saja, binge eating, merokok, hingga mengonsumsi alkohol berlebihan. Ternyata, ada sejumlah cara mengembalikan mood yang terbilang cukup mudah dilakukan. Dilansir laman sehatq, Suasana hati atau mood yang tinggi akan membuat Anda lebih senang menjalani aktivitas. Sebagai informasi, ada juga beberapa cara instan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood, loh. Untuk lebih jelasnya, simak paparannya di bawah ini.

Cara memperbaiki mood

Mengonsumsi makanan tertentu bisa Anda lakukan sebagai cara memperbaiki mood. Namun, Anda perlu komitmen jangka panjang untuk merasakan manfaatnya. Misalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 hingga makanan probiotik. Ada pula cara memperbaiki mood secara instan, seperti memeluk orang-orang terkasih, tidur siang, hingga mandi dengan air hangat.Sama pentingnya, berikut ini beberapa cara memberbaiki mood secara instan maupun yang membutuhkan komitmen jangka panjang, untuk Anda coba.

1. Memeluk orang terkasih

Memeluk si Kecil, sahabat, atau pasangan, merupakan cara memperbaiki mood yang sangat instan untuk dilakukan. Dalam sebuah studi di Australia, pria yang sering memberikan pelukan cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya.Berpelukan dapat memberikan Anda perasaan nyaman dan dicintai. Kegiatan ini juga menurunkan laju pernapasan, mengurangi tekanan darah, serta meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta. Nah, sudah memeluk orang tersayang belum hari ini?

2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3

Omega-3 tak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda. Menurut ahli, asam lemak ini dapat melawan kondisi depresi serta mengurangi rasa cemas. Orang yang kekurangan omega-3 berisiko untuk mengalami beragam gangguan mental. Beberapa sumber omega-3 yang bisa Anda konsumsi, yakni ikan sarden, makarel, dan salmon.Walau riset lebih lanjut masih diperlukan mengenai hubungan omega-3 dan mood, mengonsumsi ikan berlemak baik di atas memberikan sederet manfaat lain untuk Anda. Selain memperbaiki mood apabila rutin dikonsumsi, omega-3 juga dapat melindungi jantung, menjaga kesehatan mata, serta baik untuk kulit.

3. Tidur siang sejenak

Pekerjaan kantor dan urusan percintaan mengganggu mood Anda? Cobalah tidur siang beberapa saat atau power nap. The National Sleep Foundation (NSF) menyebutkan, tidur untuk waktu yang sebentar dapat memperbaiki mood, ketajaman perhatian, serta performa pada orang dewasa.Waktu tidur sebentar yang disarankan sebagai cara memperbaiki mood Anda yakni 20-30 menit di siang hari. Durasi ini cukup untuk membuat Anda segar sambil melepaskan rasa kantuk. Cobalah tidur di ruangan yang tenang dengan pencahayaan redup. Dengan begitu, tubuh bisa beristirahat dengan lebih nyaman.

4. Rajin mengonsumsi makanan probiotik

Anda mungkin sudah mengenal makanan probiotik sebagai sumber pangan yang baik untuk sistem pencernaan. Lebih dari itu, makanan probiotik juga diyakini dapat bertindak sebagai antidepresan alami.Dalam sebuah studi yang dimuat di Jurnal Annals of General Psychiatry, disimpulkan bahwa rutin mengonsumsi makanan probiotik dapat mengikis gejala depresi. Studi ini dilakukan dengan mengkaji 10 penelitian terdahulu yang mengaitkan antara makanan probiotik dengan gangguan psikologis.Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi, sebagai sumber probiotik. Beberapa di antaranya yakni tempe, yogurt, kefir, kimchi, dan miso.

5. Ngopi atau ngeteh saat menyambut hari

Kopi dan teh, seperti the hijau, mengandung kafeina yang dapat merilis dopamin. Dopamin merupakan senyawa kimiawi otak yang dapat memperbaiki mood maupun performa harian Anda. Ilmuwan juga meyakini, kafeina memiliki efek yang bersifat protektif terhadap risiko depresi. Menyeruput secangkir kopi atau teh, menjadi langkah mudah agar hari Anda lebih menyenangkan.

6. Mandi dengan air hangat

Apabila memungkinkan, cobalah untuk rutin menutup hari Anda dengan mandi menggunakan air hangat. Para ahli di Universitas Yale, Amerika Serikat, percaya mandi dengan siraman air hangat merupakan cara memperbaiki mood yang bisa dilakukan. Selain itu, aktivitas ini juga dapat melawan rasa kesepian.Hubungan air hangat untuk mengikis rasa sepi, menurut ahli, bersumber pada sensasi kehangatan yang sama saat Anda menjalani hubungan sosial. Otak dan tubuh memiliki respons yang mirip saat Anda mendapatkan kehangatan dari hubungan personal, maupun saat merasakan hangatnya air ketika mandi.

7. Mendengarkan musik

Musik selalu jadi obat di saat galau atau sedang sedih. Sebuah studi menemukan bahwa musik yang up beat dapat membantu menaikkan mood seseorang. Lebih dalam lagi, musik dengan nada dan tempo yang lebih ceria dapat meningkatkan suasana hati ketimbangkan lagu sedih.Jadi, cobalah mulai membuat playlist di aplikasi pemutar musik milik Anda sekarang. Pilih musik favorit yang ceria, semangat, dan mungkin bisa membuat Anda berjoget. Dengarkan musik tersebut saat suasana hati Anda sedang tidak terlalu baik.

8. Berinteraksi dengan orang

Mungkin Anda tidak bisa selalu memeluk orang tersayang karena faktor jarak atau kondisi lainnya. Namun, tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mood. Cukup hubungi orang tersebut dan ceritakan segala yang Anda rasakan.Berhasil berbagi kisah dengan orang juga bisa memunculkan rasa puas dalam diri. Lebih bagusnya lagi jika Anda memilih orang yang kemudian bisa menghibur dan menyemangati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar