Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah Serta Cara Mengatasinya

KBRN, PADANG:  Paparan sinar matahari, paparan cuaca dingin, konsumsi makanan pedas, kebiasaan menjilat bibir, bernapas melalui mulut, dan konsumsi obat-obatan tertentu bisa jadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Tak perlu khawatir, ada cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa dilakukan.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah tentu pernah dialami oleh sebagian besar orang. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan terasa nyeri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab kering dan pecah-pecah agar cara mengatasinya dapat dilakukan dengan tepat.  Sebab, tak jarang bibir kering dan pecah-pecah membuat Anda tidak bisa menahan diri untuk mengelupas kulit bibir. Alhasil, kebiasaan ini justru membuat bibir Anda menjadi perih hingga berdarah. 

Apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah?

Kulit bibir memiliki tekstur berbeda dari kulit tubuh lain. Pasalnya, kulit bibir lebih tipis dan halus.Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya sehingga bibir menjadi rentan kering dan pecah-pecah. Dikutib laman Sehatq Paparan sinar matahari, kurangnya kelembapan udara, paparan cuaca dingin, konsumsi makanan pedas, kebiasaan menjilat bibir, bernapas melalui mulut, hingga konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, mengetahui penyebab bibir pecah-pecah tentu bisa mencegah kondisi ini menjadi lebih parah. Berikut adalah penjelasan berbagai penyebab bibir kering dan pecah-pecah selengkapnya. 

1. Perubahan cuaca

Cuaca menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang paling utama. Misalnya, dalam keadaan cuaca dingin, bibir akan lebih rentan kering dan pecah-pecah.

2. Kebiasaan menjilat bibir

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah berikutnya adalah kebiasaan menjilat bibir. Saat bibir kering, seseorang mungkin cenderung akan menjilat bibir untuk membuatnya basah kembali.Padahal, cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cara menjilat bibir hanya bertahan sementara waktu. Kebiasaan ini justru akan membuat air liur menguap di bibir dan menarik kelembapan dari bibir. Akibatnya, permukaan bibir akan semakin kering.

3. Paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebihan terbukti menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Paparan sinar matahari terlalu lama juga dapat mengakibatkan kondisi medis bernama keratosis aktinik. Kondisi ini dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah serta teksturnya kasar.

4. Penggunaan produk kosmetik tertentu

Tahukah Anda kalau penggunaan produk kosmetik tertentu juga menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah?Produk kosmetik, seperti lip balm hingga lipstik, berpotensi mengandung bahan-bahan yang berisiko menyebabkan bibir pecah-pecah. Misalnya, menthol, fenol, hingga camphor.Beberapa orang yang memiliki alergi produk kosmetik, bahkan produk pasta gigi sekalipun, juga bisa mengalami bibir kering sebagai salah satu reaksi alergi.

5. Bernapas lewat mulut

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah satu ini mungkin menjadi kebiasaan yang sering Anda lakukan. Bernapas lewat mulut dapat menghilangkan kelembapan bibir sehingga membuat permukaan kulit bibir menjadi kering. Jika dibiarkan terus-menerus, bibir pecah-pecah bisa terjadi.

6. Konsumsi makanan asin dan pedas

Jika Anda akhir-akhir ini sedang mengalami bibir kering dan pecah-pecah, coba perhatikan kembali makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi makanan asin dan pedas ternyata menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan garam pada makanan asin dapat menarik kelembapan air dan mengiritasi kulit bibir sehingga jadi rentan kering, bahkan pecah-pecah. Begitu pula dengan makanan pedas.

7. Dehidrasi

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah lainnya adalah kondisi dehidrasi atau kekurangan air. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air, hal ini bisa berdampak pada kesehatan kulit, termasuk permukaan kulit bibir. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat dehidrasi, yakni dengan rutin minum 8 gelas air putih dalam sehari.

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan risiko bibir kering dan pecah-pecah. Misalnya, antihistamin, obat diuretik, sampai obat kemoterapi. Beberapa jenis obat-obatan tersebut dapat meningkatkan risiko dehidrasi sehingga bibir kering dapat terjadi.

9. Kondisi medis tertentu

Sejumlah kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Misalnya, penyakit tiroid serta kondisi kekurangan nutrisi, seperti vitamin B kompleks, zinc, hingga zat besi. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit crohn juga bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah. 

Bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah?

Cara menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah umumnya bisa dilakukan dengan langkah yang mudah. Berikut adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selengkapnya. 

1. Banyak minum air putih

Salah satu cara mengatasi bibir kering secara alami yang paling mudah adalah dengan banyak minum air putih. Banyak minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, termasuk permukaan kulit bibir. Dengan ini, bibir Anda akan tampak sehat dan terhindar dari kondisi kering yang berujung pada pecah-pecah.

2. Oleskan pelembap bibir

Cara mengatasi bibir pecah-pecah yang tak kalah penting adalah mengoleskan pelembap sebagai obat bibir pecah-pecah alami. Contoh pelembap bibir yang bisa digunakan, yaitu lip balm yang mengandung petroleum jelly, lanolin, dan beeswax.Namun, hindari penggunaan produk pelembap bibir yang mengandung zat wewangian atau parfum, pewarna, mentol, atau asam salisilat. Sebab, kandungan bahan tersebut dapat menyebabkan kulit iritasi dan membuat bibir semakin kering. Akibatnya, kondisi bibir pecah-pecah dapat makin memburuk. Gunakan pelembap bibir secara rutin yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah paparan sinar UV. 

3. Hindari kebiasaan menjilat bibir

Hentikan kebiasaan menjilat bibir sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini karena air liur termasuk cairan yang sangat mudah kering dan menguap. Alhasil, bibir pun semakin kering bila Anda kerap menjilatnya. Kondisi kering ini yang kemudian bisa berujung pada bibir pecah-pecah.

4. Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin

Melakukan eksfoliasi kulit bibir secara rutin juga menjadi cara menghilangkan bibir pecah-pecah yang perlu dilakukan. Proses eksfoliasi akan mengelupas kulit yang pecah-pecah pada bibir sehingga kulit baru bisa tumbuh.Proses pengelupasan tersebut bisa Anda lakukan menggunakan produk scrub bibir. Sebagian besar produk ini mengandung gula pasir atau baking soda (soda kue). Perlu diingat kalau Anda tidak disarankan untuk mengelupas permukaan kulit bibir pecah-pecah karena berisiko berdarah, mengiritasi kulit, dan memperparah kondisinya. 

5. Gunakan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami ala rumahan yang berfungsi sebagai cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami. Misalnya:

  1. Madu. Cara mengatasi bibir kering dengan madu bisa Anda coba di rumah. Selain melembapkan, manfaat madu dapat mencegah bibir menjadi terinfeksi karena madu mengandung antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Anda tidak perlu bingung karena cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada bibir.
  2. Timun. Timun mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan timun pada permukaan bibir secara rutin.
  3. Minyak kelapa. Manfat minyak kelapa untuk bibir dapat melembutkan permukaan bibir hingga mencegah infeksi dan menenangkan bibir berkat kandungan antiradang dan antimikroba. Cukup oleskan minyak kelapa pada permukaan bibir. 
  4. Minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk bibir kering dan pecah-pecah berasal dari kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Cara menghilangkan bibir pecah-pecah dan kering bisa dengan mengoleskan campuran minyak zaitun dan gula pasir. 
  5. Lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk bibir dapat melembutkan bibir, mengurangi kerusakan, dan mencegah infeksi lebih lanjut pada bibir. 

6. Bernapas melalui hidung, bukan mulut

Usahakan agar Anda selalu menghirup dan mengembuskan napas melalui hidung sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara bernapas melalui mulut membuat orang cenderung lebih sering menjilat bibir sehingga menyebabkannya kering dan memperparah kondisi pecah-pecah yang dialami. Bila hidung Anda sering tersumbat, mintalah bantuan dokter untuk mengatasinya agar Anda bisa kembali bernapas dengan lancar melalui hidung. 

7. Jangan merokok

Asap tembakau yang berasal dari rokok dapat menyebabkan iritasi di area bibir, terutama pada Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini yang berpotensi menjadi penyebab bibir pecah-pecah, serta memperparah kondisinya.

8. Batasi konsumsi makanan pedas dan asin

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan pedas dan asin dapat mengakibatkan kulit bibir mengalami iritasi. Jika bibir Anda sedang kering dan pecah-pecah, kondisi ini pun bisa makin parah akibat konsumsi makanan pedas dan asin. 

9. Hindari berada di lingkungan yang dingin

Alangkah lebih baik Anda menghindari terlalu lama berada di lingkungan yang dingin sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah. Ini termasuk pula berada dalam ruangan ber-AC. Pasalnya, lingkungan yang dingin dapat membuat kulit kering sehingga meningkatkan risiko bibir jadi kering. Jika Anda terpaksa harus beraktivitas di udara dingin atau berangin, lindungi bibir dengan cara menutupnya menggunakan masker, kain, atau syal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar