Begini Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

KBRN, Padang : Hidung tersumbat merupakan kondisi yang biasanya dipicu oleh berbagai penyakit seperti infeksi sinus, pilek, flu, hingga reaksi alergi. Meski begitu, apa pun penyebabnya, hidung tersumbat tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya. Sebab, hidung yang mampet tentunya bisa membuat seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas secara leluasa. 

Nah, jika kamu saat ini sedang mengalaminya, ketahuilah bahwa kondisi ini dapat diredakan dengan perawatan rumahan, tanpa perlu menggunakan obat. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak informasinya di sini!

Ini Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Pada kebanyakan kasus, perawatan rumahan merupakan cara alami yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan hidung tersumbat. Nah, berikut adalah beberapa cara tersebut, antara lain:

1. Penggunaan Humidifier

Udara dingin dan kering dapat menghambat drainase sinus atau menyebabkan sesak napas. Kedua kondisi tersebut diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya hidung tersumbat. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap ruangan. Sebab, humidifier dapat meningkatkan kelembapan pada hidung sehingga membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Menariknya lagi, penggunaan humidifier pada malam hari ketika kamu tidur juga dapat membantu membuka saluran hidung dan membuat tidurmu lebih nyaman. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kualitas tidurmu ketika sedang mengalami hidung tersumbat.

2. Mandi Air Hangat

Menghirup uap hangat juga menjadi salah satu cara alami untuk membantumu menghilangkan hidung tersumbat. Kamu bisa menghirup uap hangat dengan cara mandi dengan air panas untuk mengencerkan dan mengeringkan lendir pada hidung. 

Namun, pastikan bahwa air yang kamu gunakan untuk mandi memiliki temperatur yang hangat, bukan panas. Sebab, air yang panas dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, terutama pada kulit, seperti iritasi hingga luka bakar.

3. Penggunaan Kompres Hangat

Selain penggunaan humidifier atau mandi air hangat, kamu juga bisa menggunakan kompres hangat untuk meredakan hidung tersumbat. Caranya, kamu hanya perlu merendam kain lap atau handuk kecil dalam air hangat, bukan air panas. 

Selanjutnya, peraslah kain atau handuk yang basah, lalu letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah. Hangatnya kain kompres diharapkan dapat meredakan peradangan di lubang hidung dan sinus, sehingga membuatmu lebih mudah untuk bernapas.

4. Konsumsi Makanan Pedas Tinggi Rempah  

Mengonsumsi makanan yang pedas dengan kandungan rempah yang tinggi juga dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat. Terutama rempah seperti seperti jahe, bawang putih, paprika, hingga cabai. Sebab, beberapa rempah tersebut dapat membuat hidungmu menjadi “meler” atau yang dikenal dengan istilah medis rhinitis gustatori. Selain beberapa rempah tersebut, makanan yang mengandung kunyit juga perlu kamu konsumsi karena mengandung senyawa antiperadangan.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar