Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

KBRN, Padang : Jerawat memang adalah masalah kulit yang sangat mengganggu. Tidak hanya bisa mengurangi penampilan, jerawat juga bisa meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menghitam! Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustasi, khususnya wanita. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Dengan menerapkan cara yang akan disebutkan, diharapkan wajah kamu menjadi lebih mulus dan terawat. Yuk, cari tahu di sini.

Cara Ampuh untuk Hilangkan Jerawat Menghitam

Sebelum menghilangkan bintik hitam bekas jerawat pada kulit, kamu perlu tahu dulu apa penyebab kondisi tersebut. Jerawat adalah masalah yang terbentuk akibat peradangan pada kulit. Saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk dan ada kemungkinan sel-sel yang membantu memulihkan permukaan halus kulitmu mengandung terlalu banyak melanin.

Nah, melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan masalah lain saat terjadi di wajah.

Perlu diketahui, cara menghilangkan bintik hitam berbeda dengan bekas jerawat, lho!

Kamu melakukan cara yang berbeda untuk menghilangkan bintik hitam dengan bekas jerawat. Pada bekas jerawat, kamu dapat melakukannya dengan merusak jaringan kulit agar sel-sel kulit baru tumbuh dan mengatasi bolongan yang ada di wajah. Itulah yang menyebabkan bekas jerawat lebih sulit untuk diatasi dan terkadang tetap terlihat meski sudah diobati.

Untuk bintik hitam bekas jerawat, masalah ini biasanya merata di permukaan kulit. Hal ini juga tidak menunjukkan kerusakan jaringan panjang pada sel-sel kulit, pori-pori, atau folikel. Tentu hal ini perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak ada terlihat noda di wajah.

Namun, apa saja sih cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam? Nah ini cara yang bisa dilakukan:

1. Vitamin C

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C. Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Sayangnya, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa diberikan, terutama pada kulit. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam. Nyatanya, lidah buaya memang agen penyembuh yang luar biasa, terutama untuk masalah kulit. Bintik hitam dapat memudar berkat kandungannya yang mampu mencerahkan kulit.

3. Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

4. Tabir Surya

Menurut penelitian, penanganan bintik-bintik hitam akibat bekas jerawat harus dimulai dengan menggunakan perlindungan terhadap matahari secara rutin. Jadi, kenakanlah tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terlepas dari apakah hari itu cuaca mendung atau panas. Cara ini akan membantu mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan pada kulit kamu.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar