Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

KBRN, PADANG: Pisang merupaka salah satu jenis buah populer di berbagai belahan dunia. Pisang memiliki rasa yang lezat dan bertekstur lembut, sehingga bisa dikonsumsi semua orang, mulai dari balita, anak-anak, hingga dewasa.

Pisang menyimpan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun tak hanya buahnya, daun pisang juga ternyata menyimpan ragam nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan.

Bahkan daun pisang sejak zaman dahulu banyak dimanfaatkan untuk makanan. Daun pisang kerap dijadikan alas makanan, bungkus makanan, serta balutan aneka kue atau jajanan pasar seperti lontong atau lemper.

Daun pisang mengandung senyawa penting untuk menjaga kesehatan tubuh seperti polifenol (sebagai antioksidan), lignin, hemiselulosa, protein, dan allantoin. Daun pisang juga memiliki efek astringen yang dapat menyembuhkan penyakit.

Berikut adalah manfaat daun pisang untuk kesehatan maupun kecantikan yang jarang disadari banyak orang. 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun pisang yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan dan mengurangi selulit maupun lemak. Anda bisa memetik manfaat daun pisang ini dengan dua cara. Pertama, daun pisang bisa dihaluskan untuk dijadikan masker. Kemudian, oleskan pada tubuh untuk mengurangi selulit sekaligus menutrisi kulit dari luar tubuh.

Cara kedua, Anda bisa membungkus tubuh yang terdapat banyak selulit atau lemak seperti paha atau lengan atas. Bungkus dengan menggunakan daun pisang hangat yang sudah dikukus, ikat bagian tubuh tersebut selama satu hingga dua jam.

Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir air rebusan daun pisang dan jahe supaya hasilnya lebih maksimal. Lakukan cara ini dengan rutin dan disertai olahraga.

2. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah senyawa yang bisa merusak sel tubuh sehingga rentan terkena penyakit, terutama kanker. Radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh ketika seseorang beraktivitas di luar ruangan.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memetik manfaat daun pisang yang mengandung poilifenol, sehingga berperan sebagai antioksidan guna menangkal dampak buruk dari radikal bebas.

Senyawa itu juga akan mencegah munculnya penyakit seperti Alzheimer, demensia, hingga penyakit kulit. Senyawa antioksidan dalam daun pisang juga terkenal ampuh untuk mencegah tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam. Caranya, Anda perlu rutin mengonsumsi teh daun pisang sebanyak satu hingga tiga kali dalam sehari.

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jangan ngaku hidup sehatkalau kamubelum tahu tentang sistem kekebalan tubuhmu. | via: sophieuliano.comSelain menangkal radikal bebas, daun pisang juga dapat mencegah serangan penyakit karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun pisang memiliki senyawa allantoin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Daun ini dapat menyebuhkan sakit tenggorokan hingga demam. Maka tak heran, banyak orang yang lebih memilih membungkus makanan dengan daun pisang lantaran manfaatnya sangat luar biasa.

Ada istilah mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini artinya Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pisang untuk mencegah berbagai penyakit.

4. Mengobati Penyakit Disentri

Daun pisang mengandung zat allantoin dan polifenol pada daun pisang dapat mengurangi perdarahan usus yang menyebab penyakit disentri. Caranya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pisang minimal satu kali dalam sehari.

Daun pisang memiliki efek astringen yang mampu mengurangi nyeri lambung akibat aktivitas hiperperistaltik usus. Anda juga bisa meminum air rebusan daun pisang ini disertai dengan konsumsi obat penyakit disentri.

Daun pisang tidak mengganggu konsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Sehingga ramuan ini akan lebih aman meski Anda tengah menjalani rawat jalan dan meminum obat dokter.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti dijelaskan sebelumnya, daun pisang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga dapat melindungi kulit dari zat kimia berbahaya.

Daun pisang mengandung allantoin dan antioksidan yang mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit (keriput dan bintik hitam), menyembuhkan iritasi kulit, mengurangi jerawat, dan menjaga kulit tetap lembap dan lembut.

Untuk merawat kulit dari luar, Anda bisa memilih daun pisang segar kemudian haluskan dengan blender. Setelah halus, oleskan masker daun pisang pada wajah atau seluruh bagian kulit tubuh. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar