10 Manfaat Daun Suruhan bagi Kesehatan: Obat Herbal Jerawat hingga Cegah Penyakit Kanker

KBRN, PADANG; Mungkin banyak yang belum mengenal tumbuhan ini.Daun Suruhan lebih sering dianggap gulma atau tanaman pengganggu.

Penyebutan nama daun suruhan beraneka ragam, tergantung daerah masing-masing. Anda mungkin mengenal nama daun ini sebagai sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer, ataupun gofu doroho.

Daun suruhan juga dikenal sebagai daun tumpangan air biasanya tumbuh di persawahan atau media tanam yang lembap. Daun suruhan (Peperomia pellucida) adalah tananam herbal yang tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia.

Tinggi tanaman ini hanya 10-20 cm dengan batang yang tegak, lunak, dan berwarna hijau muda. Daun suruhan adalah tanaman herbal asli Indonesia yang sering diabaikan. Padahal tanaman ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Daun suruhan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengobatan herbal.

Daun suruhan memiliki kandungan seperti alkaloid, flavonoids, saponins, terpenoids, steroids, dan glycosides yang berguna bagi kesehatan manusia. Daun suruhan juga mengandung beberapa zat berguna lainnya, misalnya phytol, stigmasterol, sitosterol, peperomins, sesamin, dan isoswertisin.

Manfaat Daun Suruhan bagi Kesehatan

1. Mengatasi pegal linu

Mungkin Anda kerap merasakan masalah pegal linu akibat berbagai aktivitas yang berat setiap hari. Anda bisa memanfaatkan khasiat daun suruhan untuk mengatasi pegal linu.

Daun suruhan dipercaya sebagai satu di antara obat herbal mengatasi penyakit ini. Mengonsumsi daun suruhan dipercaya dapat mengembalikan stamina dan menaikkan energi Anda.

2. Mencegah penyakit jantung

Daun suruhan dipercaya memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung. Daun suruhan diketahui menjadi satu di antara sumber antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat mengakibatkan Andamenderita tekanan darah tinggi yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit jantung lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan daun suruhan dapat menurunkan kadar gula darahnya. Khasiat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita penyakit diabetes.

Daun suruhan mampu menunjukkan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Perlu diketahui, dalam menggunakan daun suruhan sebagai pengobatan penyakit ini masih perlu uji klinis lebih lanjut.

4. Mengobati sakit kepala

Daun suruhan dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala alami. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal sakit kepala atau migrain.

Jika Anda secara konstan mengalami sakit kepala atau migrain, maka Anda bisa minum air rebusan dan suruhan secara berkala. Selain itu, daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari daun suruhan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini sudah dikenal sejak lama.

Masyarakat lokal meracik daun suruhan menjadi rebusan dan meminumnya sebagai penguat imun. Hal ini didukung karena kandungan antioksidan yang tinggi pada daun suruhan.

Kandungan antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sangat bagus untuk membunuh bakteri dan kuman di tubuh agar tubuh tidak terserang penyakit.

6. Obat untuk ginjal

Kandungan alami di dalam daun suruhan sangat baik untuk ginjal. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan secara teratur bisa merawat kesehatan ginjal Anda.

Kandungan alami ini memiliki sumber yang cukup untuk obat herbal ginjal. Pastikan Anda selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak.

7. Pencegahan kanker

Anda bisa memanfaatkan daun suruhan sebagai obat alami cegah penyakit kanker. Kanker adalah penyakit paling mematikan di dunia.

Kandungan P. Pellucida yang ada di dalam daun suruhan berfungsi untuk memperlambat sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Walaupun demikian, Anda harus tetap berada di bawah pengawasan dokter untuk konsumsi obat alami ini dalam menangani kanker.

8. Mengatasi katarak atau infeksi mata

Bagi Anda mengalami kondisi kesehatan mata getah dari daun suruhan memiliki kandungan yang bisa membantu menyembuhkan katarak, infeksi, dan radang pada mata. Jika Anda mengalami kondisi kesehatan mata yang lebih serius, Anda wajib menghubungi dokter spesialis mata secara langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar