8 Fakta tentang Payudara yang Penting untuk Diketahui

KBRN, PADANG; Ada beragam fakta tentang payudara yang mungkin belum banyak diketahui wanita. Misalnya, ukuran payudara sebelah kiri dan kanan bisa berbeda, bahkan ukuran payudara bisa berubah setiap bulannya. Yuk, cari tahu fakta menarik lainnya seputar payudara.

Payudara merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk memproduksi ASI dan meningkatkan gairah seksual. Organ tubuh ini terbentuk dari kumpulan jaringan, kelenjar, saraf, dan pembuluh darah. Tak hanya fungsinya, ada beberapa fakta tentang payudara lainnya yang perlu Anda ketahui.

Fakta-Fakta tentang Payudara

Setidaknya ada delapan fakta tentang payudara yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1.Pertumbuhan Payadara berbeda beda

Pertumbuhan payudara pada setiap wanita umumnya berbeda-beda. Namun, organ ini mulai berkembang pada masa pubertas, yaitu saat usia 8–13 tahun.

Pertumbuhan payudara ini dipicu oleh rangkaian hormon pertumbuhan dan hormon estrogen yang sedang mengalami peningkatan. Meski demikian, payudara dapat mengendur seiring pertambahan usia.

2. Ukuran Payakumbuh kiri dan Kanan Tidak Sama

Ukuran payudara bisa berbeda antara sisi kiri dan kanan. Kondisi ini biasanya terjadi pada fase pertumbuhan payudara ketika salah satu payudara berkembang lebih cepat.

Namun, jika ukuran kedua payudara dirasa sangat berbeda atau disertai dengan gejala tertentu, seperti nyeri atau muncul benjolan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan langkah penanganan yang perlu diambil.

3. Menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara

Proses menyusui atau pemberian ASI diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Hal ini karena menyusui dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada kelenjar payudara dan menghilangkan sel yang berpotensi menjadi kanker payudara.

4.Kanker Payudara juga bisa Menyerang Pria

Tidak hanya pada wanita, pria juga bisa terkena kanker payudara. Meski penyebabnya masih belum jelas, tetapi ada beberapa hal yang diduga bisa menyebabkan kanker payudara pada pria. yaitu obesitas, berusia di atas 60 tahun, dan riwayat kanker payudara dalam keluarga.

5.Menyusui bisa Memberikan Rangsangan bagi wanita

Pada saat menyusui, beberapa wanita bisa merasa terangsang. Kondisi ini merupakan respons alami terhadap aktifnya hormon prolaktin dan oksitosin pada masa menyusui.

Hormon prolaktin yang memproduksi susu bisa memberikan rasa rileks pada ibu menyusui. Sementara itu, hormon oksitosin dapat memicu kontraksi pada jaringan payudara dan memberikan sensasi geli sebelum ASI dikeluarkan.

6.Ukuran Payudara bisa berubah setiap bulan

Anda mungkin pernah merasakan payudara terasa penuh dan sakit menjelang atau ketika menstruasi. Kondisi tersebut disebabkan oleh perubahan beberapa kadar hormon selama siklus menstruasi. Hal ini pula yang menyebabkan ukuran payudara berubah setiap bulannya.

7. Tidak Semua Berjalan adalah kanker Payudara

Tidak semua benjolan pada payudara adalah kanker payudara. Sekitar 80–85 persen dari benjolan di payudara bersifat jinak dan bukan kanker. Namun, jika Anda merasa benjolan tersebut tidak normal, menimbulkan nyeri, dan cukup mengganggu, segera periksakan diri ke dokter.

8. Merokok Bisa Membuat Payudara kendur

Selain karena proses penuaan dan kehamilan, merokok juga diduga dapat membuat payudara menjadi kendur. Hal ini terjadi karena zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok bisa merusak protein yang dibutuhkan untuk menjaga kekencangan payudara.

Payudara bagi wanita merupakan bagian tubuh yang penting. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan dan keindahan payudara dengan menjauhi berbagai hal yang dapat memberikan efek buruk pada payudara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar