Jangan Terlalu Sering Makan Bakso, Berikut Bahaya Yang di Timbulkan

KBRN, Padang: Bakso menjadi salah satu makanan favorit yang populer di masyarakat Indonesia. Kini variasinya pun semakin beragam seperti bakso sapi, ayam, ikan, keju, telur, bahkan hingga bakso beranak.

Citarasa gurih dari bakso berhasil menghipnotis orang yang menyantapnya terlena dalam kenikmatan makanan yang memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia ini. Selain itu, bakso juga memiliki harga terjangkau sehingga digemari dari berbagai usia mulai anak-anak maupun orang dewasa.

Meski demikian, tersimpan bahaya di balik kenikmatan bakso apabila Anda terlalu sering mengonsumsinya, terlebih jika ada kandungan pengawetnya.

Berikut bahaya makan bakso apabila terlalu sering:

1. Menyebabkan Sariawan

Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dalam jangka panjang dapat mengiritasi gusi atau rongga mulut bagian dalam.

Penyedap rasa mempunyai sifat menggerus dan tajam. Jika telah melukai rongga mulut maka akan menyebabkan seseorang kesulitan makan.

2. Menyebabkan Penyakit Jantung

Bakso yang mengandung borak dan formalin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah menuju jantung dan menghambat aliran darah sekitar jantung yang dapat menyebakan kinerja jantung semakin berkurang.

3. Menyebabkan Kanker

Mengkonsumsi bakso yang menggunakan bahan tambahan borak atau formalin setiap hari dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam DNA secara bertahap yang kelak bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Borak dan formalin tidak diperbolehkan masuk dalam tubuh manusia karena dapat merusak sel-sel tubuh dan menghentikan aktifitas selnya.

4. Menyebabkan Hipertensi

Penggunaan bahan penyedap seperti vetchin atau MSG yang terlalu berlebihan pada bakso dapat meningkatkan kadar tekanan darah. Sebelumnya diawali dengan sakit kepala dan perut mual-mual.

5. Menyebabkan Gangguan Sistem Saraf Otak

Mengonsumsi bakso yang menggunakan bahan borak atau formalin di dalamnya dapat menyebabkan keterbelakangan mental atau kerusakan sistem saraf otak pada anak-anak yang berhubungan dengan daya pikir serta keterampilan motoriknya.

6. Resiko Keguguran

Ibu hamil muda yang suka atau sering makan bakso dapat beresiko mengalami keguguran. Bakso yang didalmnya ditambahkan cuka, bahan penyedap dan apabila mengandung borak dapat merusak organ tubuh janin yang baru akan terbentuk dan menggagalkan pertumbuhan janin sehingga akan hancur.

7. Asam Lambung Naik

Pemakaian cuka yang berlebihan selain dapat merusak gigi ternyata dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan perut terasa nyeri, mual-mual serta rasa tidak nyaman pada daerah ulu hati yang berkesinambungan.

9. Menyebabkan Gangguan Usus

Pemakaian bahan borak yang berlebihan pada bakso dapat mengiritasi dinding usus dan membuat perdangan di dalamnya. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kinerja usus.

Usus yang terganggu dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur pada malam hari karena bagian usus mengalami luka dan melilit sepanjang malam. hal itu memgindikasikan bahwa usus telah mengalami keracunan borak yang harus segera diobati.

10. Menyebabkan Alergi Kulit

Ada beberapa orang yang mengalami alergi pada bahan pengawet seperti borak atau formalin yaitu timbul bercak bercak merah pada permukaan kulit dan terasa gatal. Jika digaruk maka kulit akan mengalami pembengkakan.

Tubuh yang sensitif pada benda asing yang masuk ke dalam jaringan tubuh akan menolak dan meresponnya dalam bentuk muculnya alergi. Kondisi tersebut bisa terjadi pada orang orang yang alergi terhadap pemakaian penyedap rasa pada baks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar