Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan, Salah Satunya Meringankan nyeri Haid

KBRN, Padang: Manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan memang belum banyak diketahui orang. Mulai dari meringankan nyeri haid hingga menyehatkan jantung.

Manfaat ubi jalar ternyata berpotensi untuk menjaga kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Memang, yang terkenal untuk pengganti makanan pokok, selain nasi dan jagung adalah ubi jalar. Namun, Anda tak perlu khawatir bila ingin mengonsumsi daunnya. 

 Adapun khasiat daun ubi jalar untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meringankan rasa nyeri haid

Sebagian besar wanita sering kali mengalami perut kram saat haid tiba atau yang dikenal dengan nyeri haid.Ketika merasakan nyeri haid, tak sedikit wanita yang mencari cara mengatasi kram perut saat haid dengan konsumsi obat-obatan tertentu.Nah, di sinilah manfaat daun ubi jalar bekerja. Ya, diyakini dapat meringankan rasa nyeri haid.Daun ubi jalar mengandung vitamin K yang berfungsi mengatur hormon dan meredakan perut kram saat haid.Selain itu, vitamin K juga berfungsi untuk mencegah perdarahan berlebihan saat menstruasi. Perdarahan berlebihan saat menstruasi dapat meningkatkan risiko nyeri saat haid.Jika tubuh kekurangan vitamin K, rasa nyeri akibat perut kram saat menstruasi bisa memburuk.

2. Mengobati peradangan

Manfaat daun ubi jalar berikutnya adalah mengobati peradangan. Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab sel dan jaringan tubuh rusak.Misalnya, vitamin A dalam daun ubi jalar dapat mengurangi risiko alergi makanan dan mencegah reaksi alergi yang berbahaya.Manfaat untuk mengurangi peradangan ini juga dapat membantu mengurangi kekambuhan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

3. Mengatasi masalah gigi dan gusi

Mengatasi masalah gigi dan gusi juga menjadi manfaat daun ubi jalar selanjutnya. Makanan kaya mineral dan vitamin, salah satunya yang berasal dari daun ubi jalar, dapat membantu membasmi bakteri penyebab enamel gigi rusak. Dengan demikian, kondisi gigi pun bisa menjadi lebih kuat.

4. Menyehatkan kulit

 Kandungan daun ubi jalar kaya akan vitamin A. Manfaat vitamin A penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu khasiat yang dirasakan adalah mencegah timbulnya keriput dan garis halus di wajah dengan memproduksi lebih banyak kolagen dan melawan jerawat.Vitamin A juga dapat membantu pembentukan glikoprotein, yaitu kombinasi protein dan gula, yang mengikat sel untuk membentuk jaringan lunak yang rusak akibat luka.

5. Mencegah pembekuan darah

Manfaat daun ubi jalar yang tak disangka-sangka adalah mampu mencegah pembekuan darah.Vitamin K pada daun ubi jalar diyakini dapat mencegah pembekuan darah sehingga membantu memulihkan luka dan memar yang sedang Anda alami dengan cepat.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Meningkatkan kesehatan tulang juga jadi manfaat daun ubi jalar selanjutnya. Sebab, kandungan daun ubi jalar satu ini diklaim kaya vitamin K.Vitamin K dapat membantu menjaga kalsium pada tulang dan mengurangi risiko munculnya osteoporosis.Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan daun ubi jalar berupa vitamin K dapat mencegah pengeroposan tulang pada pasien osteoporosis.Di samping itu, vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang pada wanita pascamenopause.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat daun ubi jalar untuk mata sudah terbukti, terutama pada orang lanjut usia.Daun ubi jalar mengandung beta karoten dan lutein yang berguna untuk mencegah katarak dan penyakit degenerasi makula. Kandungan daun ubi jalar berupa lutein adalah antioksidan yang dapat menekan kerusakan oksidatif pada otot lensa mata yang menjadi penyebab katarak karena usia tua. Tak ketinggalan, kandungan zeaxanthin-nya juga memberikan manfaat yang sama.

8. Menyehatkan otak

Sebuah hasil studi meyakini bahwa kandungan daun ubi jalar berupa vitamin K yang terdapat pada daun ubi jalar memiliki sifat antiradang.Sifat antiradang ini berfungsi melindungi otak dari stres oksidatif yang dapat merusak sel dan menjadi faktor risiko penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, hingga gagal jantung. Inilah manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan berikutnya.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun ubi jalar yang tak diduga-duga adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini lagi-lagi tak terlepas dari kandungan vitamin K yang terdapat pada daun ubi jalar.Fungsi vitamin K dapat membantu mencegah pengapuran arteri yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung  utama.Vitamin K juga mampu mengurangi peradangan dan mencegah tumbuhnya sel-sel berbahaya yang melapisi pembuluh darah arteri dan vena.Asupan vitamin K, termasuk yang berasal dari konsumsi daun ubi jalar, dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

10. Mengobati kanker

Manfaat daun ubi jalar yang berasal dari kandungan vitamin K di dalamnya memang tidak main-main.Sebuah hasil penelitian menyebutkan asupan vitamin K dipercaya dapat meningkatkan fungsi liver pada pasien kanker hati.Tak hanya itu, asupan vitamin K dari konsumsi daun ubi jalar diyakini dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

11. Melancarkan pencernaan

Daun ubi jalar mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Efeknya, BAB pun lancar dan sembelit pun teratasi. Serat pun juga menjaga Anda agar kenyang lebih lama sehingga tidak membuat Anda mengonsumsi makanan terlalu banyak.

12. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat daun ubi jalar untuk asam urat berasal dari vitamin yang terkandung. Dikutip dari riset terbitan Archives of Internal Medicine dan Nutrition Research, asupan vitamin A, vitamin C dan beta-karoten yang tinggi mampu mengurangi kadar asam urat pada tubuh.Namun, riset ini tidak menggunakan ketiga kandungan tersebut dari daun ubi jalar langsung. Untuk itu, potensi manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

13. Menaikkan trombosit

Penderita demam berdarah atau DBD ditandai dengan kadar trombosit yang rendah, yakni di bawah 150.000 per mikroliter darah. Jadi, manfaat rebusan daun ubi jalar untuk DBD mampu menaikkan kadar trombosit.Dalam hal ini, ubi jalar kaya akan flavonoid dan tanin yang membantu meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu, daun ubi jalar juga bersifat antioksidan sehingga mampu melindungi trombosit dari paparan radikal bebas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00