Manfaat Jagung Rebus Untuk Ibu Hamil Penuh Kandungan Nutrisi

KBRN, Padang: Selama masa kehamilan dan menyusui, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan ibu sendiri dan bayi. Nah, jagung rebus merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk ibu konsumsi, baik selama masa kehamilan maupun menyusui.

Tidak hanya punya rasa yang manis dan tekstur yang renyah, jagung juga dikemas dengan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral, yang semuanya itu baik untuk ibu hamil dan menyusui. Bila dimasak dengan cara yang paling sehat, yaitu direbus, ibu bisa mendapatkan nutrisi yang optimal dari jagung yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi. Ketahui lebih lanjut manfaat jagung rebus untuk ibu hamil dan menyusui di sini.

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil
  1. Membantu Mengatasi Sembelit

Jagung rebus adalah sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit sembelit, yang mungkin ibu alami selama awal kehamilan.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Jagung mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kelainan pada bayi yang belum lahir, seperti Spina Bifida.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat jagung rebus juga bisa meningkatkan daya ingat ibu selama masa kehamilan, sehingga ibu hamil bisa mengingat semua barang kebutuhan yang ingin dibeli tanpa perlu membuat daftar belanjaan. Makanan sehat yang satu ini juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin.

  1. Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Jagung juga kaya akan antioksidan seperti lutein yang berperan dalam meningkatkan penglihatan bayi sebelum ia dilahirkan. Selain itu, kandungan zat karotenoid dalam jagung yang disebut zeaxanthin juga bisa membantu mencegah degenerasi makula mata.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Kuat

Beta karoten dalam jagung menyediakan vitamin A yang dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Tidak hanya baik untuk ibu hamil, jagung rebus juga baik untuk dikonsumsi selama menyusui karena bisa memberikan manfaat berikut pada ibu dan bayi:

  1. Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Jagung merupakan sumber karbohidrat, sehingga mengonsumsi jagung rebus selama masa menyusui bisa membantu meningkatkan berat badan bayi. Namun ingat, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, karena bisa menyebabkan obesitas.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jagung rebus baik untuk kesehatan ibu pada masa menyusui karena makanan tersebut mengandung vitamin C, karoten, dan bioflavonoid. Kandungan tersebut bisa mengatur kadar kolesterol dalam darah, serta mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh

  1. Mendukung Fungsi Otot dan Saraf Bayi

Mengonsumsi jagung rebus selama menyusui juga bisa membantu memenuhi kebutuhan fosfor pada bayi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulangnya, serta kalium dan magnesium yang diperlukan untuk fungsi otot dan saraf yang baik.

  1. Sumber Protein

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, manfaat jagung rebus baik untuk pembentukan jaringan otot bayi dan meningkatkan kinerja sel otaknya.

  1.  Mencegah Penyakit Alzheimer

Jagung juga memiliki kandungan thiamine yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada bayi dan juga bisa mencegah sang bayi dari penyakit Alzheimer..

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00