Kebiasaan Buruk Yang Bisa Sebabkan Kerutan

KBRN, Padang…Menjaga kesehatan kulit menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh wanita maupun pria agar memiliki kulit sehat dan terawat. Namun, seiring berjalannya usia, berbagai tanda penuaan pun kerap muncul, salah satunya adalah keriput.

 Melansir dari Harvard Health Publishing, saat usia masih muda, nyatanya lemak akan memenuhi bagian dahi, pelipis, pipi, area mata, dan juga mulut. Namun, pertambahan usia yang terjadi membuat lemak menjadi hilang, sehingga mengakibatkan perubahan pada kulit wajah.

Salah satunya adalah kondisi keriput. Hal ini disebabkan kulit yang mengendur saat pertambahan usia. Namun tidak hanya faktor alami, nyatanya seseorang dapat memiliki kulit keriput karena sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang meningkatkan risiko munculnya penuaan dini, seperti keriput. Tidak ada salahnya ketahui beberapa kebiasaan tersebut agar kamu dapat lakukan pencegahan untuk menghindari keriput pada kulit wajah.

Inilah Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Keriput

Tidak hanya faktor alami yang disebabkan usia, nyatanya ada beberapa faktor pemicu lainnya yang menyebabkan kamu dapat memiliki kulit keriput.

1.Kebiasaan Merokok

Tidak hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung dan paru-paru, kebiasan merokok  juga dapat menyebabkan kamu memiliki kulit keriput lebih cepat dibandingkan usia kamu. Hal ini karena rokok memiliki banyak bahan kimia yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kolagen kulit.

2.Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Bagi penyuka makanan atau minuman manis sebaiknya batasi pengonsumsian gula tiap harinya. Menurut Dr. Melissa Piliang seorang Dermatologist pada Cleveland Clinic, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko kulit memiliki keriput lebih cepat. Gula menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh yang dapat mengakibatkan rusaknya kolagen dan elastin dalam kulit.

Tidak hanya munculnya keriput pada kulit, terlalu banyak mengonsumsi gula menyebabkan meningkatnya risiko penyakit kronis lainnya, seperti obesitas maupun diabetes pada kesehatan. Untuk itu, sangat penting selalu membatasi pengonsumsian gula dan menyeimbangkan nutrisi dan gizi dalam tubuh.

3.Terlalu Sering Terpapar Matahari Langsung

Jangan lupa untuk selalu gunakan perawatan kulit saat kamu akan menghabiskan waktu di luar ruangan sepanjang waktu. Penggunaan sunscreen nyatanya sangat penting untuk menjaga kondisi kulit agar terhindar dari berbagai gangguan yang dapat kamu alami, salah satunya adalah munculnya keriput pada kulit.

Terlalu sering terpapar matahari, nyatanya dapat membuat kulit mengalami keriput lebih cepat. Tidak hanya pada wajah, sebaiknya saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan selalu gunakan sunscreen pada bagian tubuh yang rentan mengalami paparan sinar matahari secara langsung.

4.Menggosok Area Mata

Kulit pada area mata nyatanya sangat halus dan lembut, menggosoknya terlalu keras dapat menyebabkan munculnya kerutan maupun keriput lebih cepat. Jika kamu mengalami rasa tidak nyaman pada area mata, sebaiknya jangan menggosok, tetapi usap lembut hingga kembali nyaman.

Namun, jika rasa tidak nyaman pada mata menyebabkan mata kemerahan dan gangguan penglihatan, sebaiknya bertanya langsung dengan dokter mata  untuk langkah penanganan pertama pada gangguan mata.

5.Sering Mengernyitkan Dahi atau Menyipitkan Mata

Nyatanya, beberapa gerakan wajah pun dapat meningkat risiko munculnya kerutan atau keriput pada wajah lebih cepat, di antaranya adalah mengernyitkan dahi atau menyipitkan mata. Gerakan tersebut nyatanya membuat kontraksi pada area wajah yang dapat membuat kulit berkerut apalagi jika dilakukan cukup sering dan membuat kerutan akan terlihat lebih dalam.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya keriput atau kerutan pada wajah lebih cepat. Banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya keriput pada wajah, misalnya mengonsumsi air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik, memperbanyak asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan kulit, serta perbanyak olahraga agar kondisi kesehatan kulit selalu dalam keadaan optimal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00