Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan

KBRN, Padang…Kamu pasti tidak asing lagi dengan manfaat yang ditawarkan buah nangka, buah pohon paling besar di dunia, dengan kandungan protein dan banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin B dan kalium. Namun, tahukah kamu kalau biji dari buah dengan warna kuning dan rasa yang lezat ini juga menyehatkan?

Biji nangka kaya akan thiamin dan riboflavin yang membantu mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi, menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut. Biji buah nangka pun menyediakan sejumlah mineral, seperti seng, besi, kalsium, tembaga, kalium, dan magnesium.

Tidak hanya itu, biji nangka juga mengandung senyawa yang memiliki efek antimikroba yang dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri penyebab penyakit bawaan makanan. Biji buah ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu masalah saluran pencernaan. Nah, apa saja manfaat lainnya?

Membantu Melawan Keriput

Untuk menghindari kerutan  pada kulit, kamu bisa membuat masker wajah dengan campuran biji nangka dengan tambahan susu dingin. Kamu juga bisa merendam biji nangka dengan campuran susu dan madu, lalu haluskan hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan mengering sepenuhnya. Masker wajah ini bisa membantu menyamarkan keriput dan garis halus tanda penuaan.

Mencegah Anemia

Mengonsumsi biji nangka bisa membantu meningkatkan nutrisi harian tubuh. Biji nangka merupakan sumber zat besi yang merupakan komponen hemoglobin. Pola makan kaya zat besi akan membantu mencegah risiko terjadinya anemia  dan kelainan darah lainnya. Pun, zat besi akan membantu menjaga otak dan jantung agar tetap sehat. 

Memperkuat Imunitas Tubuh

Jacalin adalah sejenis protein yang terdapat dalam biji nangka yang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh pengidap yang terinfeksi virus HIV 1, seperti dituliskan dalam studi berjudul D-Galactose-Specific Lectin from Jackfruit Seed, yang dipublikasikan dalam Journal Biosciences.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biji nangka membantu menjaga kesehatan tulang karena adanya magnesium yang membantu penyerapan kalsium lebih baik dalam tubuh. Magnesium akan bekerja sama dengan kalsium dalam memperkuat tulang dan mencegah kondisi terkait masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis..

Mencegah Kanker

Selanjutnya, biji nangka juga dipercaya mampu mencegah tubuh dari infeksi kanker. Dalam studi berjudul Assessment of Consumption Practices of Jackfruit (Artocarpus heterophyllus lam.) Seeds in Village of Jalalpur Block District Ambedarnagar (UP) India membuktikan bahwa biji nangka mengandung lignan, saponin, isoflavon, dan fitonutrien yang membantu mencegah kanker. Semua komponen ini melindungi tubuh dari radikal bebas yang sebaliknya, akan merusak DNA dan meningkatkan pertumbuhan sel kanker. 

Meningkatkan Kesehatan Seksual

Biji nangka dianggap sebagai afrodisiak karena mengandung banyak zat besi. Mineral ini membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, sekaligus membantu meningkatkan gairah seks pada pria maupun wanita. Semakin banyak zat besi, akan semakin baik gairah dan kemampuan untuk mencapai orgasme. 

Ternyata, biji nangka memang miliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Nah, kalau kamu merasa ada keluhan kesehatan pada tubuhmu, jangan pernah mengabaikannya karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit serius..

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00