Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia

KBRN, Padang…Manfaat sungai bagi kehidupan manusia sangat beragam. Pemanfaatan sungai ini sudah dilakukan oleh manusia sejak lama untuk kelangsungan hidup.

Sungai bisa diartikan sebagai air tawar yang mengalir secara alamiah, mulai dari sumber air hingga muara. Sumber air sungai umumnya berasal dari mata air yang keluar dari dalam tanah melalui celah atau retakan batuan.

Selain dari resapan air hujan, sumber air sungai juga bisa berupa pencairan es atau gletser. Badan sungai yang berfungsi sebagai muara sungai adalah laut, danau, atau sungai lain. 

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia Adalah

1. Menampung dan Mengalirkan Air Hujan

Air Hujan yang turun akan mengalir menuju laut atau danau. Air hujan juga bisa dialirkan menuju ladang pertanian dan dimanfaatkan sebagai saluran irigasi. Jika sistem irigasi tetap terjaga dan terus dialiri dengan air, maka hasil pertanian akan tetap terjaga.

2. Sumber Pembangkit Listrik

Selanjutnya, apa manfaat sungai bagi kehidupan manusia? Sungai bermanfaat sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air PLTA. Pembangkit listrik ini memanfaatkan derasnya aliran sungai untuk menggerakkan turbin yang nantinya akan mengaktifkan generator pembangkit listrik.

3. Pusat dari Ekosistem

Sungai sendiri telah menjadi tempat tinggal bagi beberapa hewan dan tumbuhan. Berbagai jenis ikan air tawar juga biasa ditemukan di sungai. Namun, keberadaan tumbuhan dan hewan tergantung pada kualitas sungainya. Jika air sungai kotor dan tercemar, tentunya hewan dan tumbuhan tidak akan bisa ditemukan di sungai.

4. Sumber Mata Pencaharian

Sungai yang sehat dan bebas dari sampah akan menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis ikan air tawar. Ikan-ikan ini bisa ditangkap dan dijual ke pasar atau dikonsumsi secara pribadi. Hal tersebut membuat sungai bernilai ekonomis bagi masyarakat.

5. Tempat Rekreasi

Manfaat sungai kepada manusia juga berfungsi sebagai tempat rekreasi. Salah satunya adalah menjadikan sungai sebagai tempat wisata olahraga arung jeram.

6. Sumber Air Kehidupan

Sebagian besar makhluk hidup di Bumi tentunya membutuhkan air untuk bertahan hidup. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kualitas air sungai agar bisa dikonsumsi setiap saat.

7. Mencegah Banjir

Sungai dapat menjadi pencegah timbulnya bencana banjir. Jika sungai memiliki kedalaman yang cukup dan terpelihara dengan baik, sungai bisa mengalirkan air dengan baik menuju danau atau laut. Salah satu penyebab banjir adalah meluapnya air dari sungai. Dengan begitu, sangat penting untuk tidak .

8. Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Masyarakat telah mengakui manfaat lingkungan bagi kesehatan mental. Dikutip dari European Centre for River Restoration, berinteraksi dengan alam dan makhluk hidup membuat perasaan seseorang merasa lebih baik, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri.

9. Sarana Transportasi

Pada beberapa daerah, sungai menjadi sarana transportasi bagi masyarakat, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan yang banyak dialiri sungai besar. Sungai memiliki peran layaknya jalan raya. Di masa lalu, sungai merupakan jalan utama bagi sebagian besar masyarakat Sumatera untuk beraktivitas dan distribusi barang. Itulah beberapa manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Jangan sampai kamu membuang sampah atau limbah ke sungai. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas air sungai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00