Klaim Masih Dukung AHY, Tak Ada Kader Demokrat Sumbar yang Membelot

KBRN, Padang : Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat Sumatera Barat (Sumbar) memastikan seluruh pengurus di provinsi dan kabupaten/kota masih dalam satu barisan mengakui Demokrat yang sah dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Demokrat Sumbar, HM Nurnas,pada RRI Padang, Senin (8/3/2021) mengatakan, seluruh pengurus di Sumbar telah membuat pernyataan ditandatanggani untuk menunjukkan posisi mendukung AHY sebagai Ketua Demokrat yang sah dan legal.

“Surat itu sudah dikirim ke DPP. Saya pastikan tidak ada satupun jajaran di Sumbar yang melenceng dari AHY,” tegasnya.

Menurut Nurnas, kader Demokrat di Sumbar akan selalu mendukung langkah-langkah yang dilakukan AHY dalam menghadapi polemik yang diciptakan oleh oknum sakit hati. Apalagi adanya Kongres Luar Biasa (KLB) yang diadakan di Deli Serdang, Sumatera Utara 5 Februari lalu merupakan kongres ilegal karena tidak memenuhi ketentuan AD/ART partai. Sehingga keputusan KLB yang menetapkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono juga tidak sah.

“Semua sudah tau KLB itu tidak sesuai AD/ART. Tidak memenuhi 2/3 DPD, dan 1/2 DPC, serta tidak berdasar permintaan majelis tinggi,” bebernya.

Prahara di tubuh Partai Demokrat diawali adanya kecurigaan penggulingan pengurus sah Demokrat yang dipimpin AHY. Kemudian AHY memecat tujuh tokoh Demokrat. Ketujuh orang itu adalah Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, Ahmad Yahya, dan Marzuki Alie. Buntutnya, barisan yang dipecat menyelenggarakan KLB di Sumatera Utara dengan hasil memutuskan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar