12 Kabupaten/Kota Dipimpin Sekda Sebagai Plh

KBRN, Padang: Dari 13 daerah di Sumatera Barat yang melaksanakan Pilkada pada tahun 2020 lalu, tercatat 12 kepala daerahnya habis masa jabatan Rabu 17 Februari 2021. Masing-masing Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, dan Kota Bukittinggi. Sementara untuk Solok Selatan habis masa jabatan pada 22 Maret mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Iqbal Ramadi Payana mengatakan, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan daerah, sekretaris daerah pada 12 kabupaten/kota dimaksud menjadi pelaksana harian bupati/wali kota.

“Plh Gubernur Sumatera Barat telah mengirim radiogram yang berisi agar Sekda setempat jadi Plh. Untuk serahterima jabatan dari bupati/wali kota pada Plh dilaksanakan 17 Februari di daerah masing-masing,” ucapnya pada RRI di Padang, Selasa (16/2/2021).

Iqbal Rama Dipayana menambahkan, kepemimpinan daerah dipercayakan pada Plh karena jadwal pelantikan bupati/wali kota hasil Pilkada serentak Desember lalu yang harusnya dilaksanakan 17 Februari terpaksa ditunda. Penundaan dilakukan agar pelantikan bisa dilaksanakan serentak bersama bupati/wali kota dari daerah yang saat ini menunggu hasil sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

“MK beberapa hari ini sidang memutuskan sengketa diterima atau tidak. Kalau yang gugatannya diterima, lanjut ke tahap berikutnya di MK. Bagi gugatan yang tidak diterima, kepala daerah terpilihnya segera dijadwalkan untuk pelantikan serentak. Informasinya dilantik pada 25 sampai 27 Februari 2021,” bebernya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar