FOKUS: #PILKADA 2020

KPU Pasbar Akomodir Pemilih Berkebutuhan Kusus

KBRN Simpang Empat : Sebanyak empat ratus lebih pemilih disabilitas akan diakomdir KPU Kabupaten Pasaman Barat, saat Pemilihan Umum Kepala Daerah -Pilkada serentak 9 desember nanti. Hak suara mereka, dipastikan akan diberikan dan dipelakukan secara khusus. Ketua Komisi Pemilihan Umum –KPU Pasaman Barat Alharis kepada RRI, (Selasa, 24/11/2020) siang tadi mengatakan dalam Daftar Pemilih Tetap –DPT, ada sekitar 442 pemilih disabilitas atau pemilih berkebutuhan khusus.

"Dari 442 itu, terdiri dari 228 pria dan 214 wanita tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat" ungkapnya. 

Alharis menyebutkan, pemilih disabilitas itu dikategorikan dalam empat jenis disabilitas yakni disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, dan disabilitas sensorik. Adapun peralatan yang disiapkan seperti braille, kursi roda, templete dan lainnya.

"Jika nanti ada pemilih disabilitas yang tidak sekolah atau tidak bisa membaca braille, boleh minta bantuan keluarga atau anggota KPPS dengan mengisi blanko yang sudah disediakan, sehingga semua bisa memilih sama dengan yang normal di setiap pelayanan di TPS sesuai jenis disabilitas masing-masing" dikatakan Alharis.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan COVID-19 akan dilakukan dalam melakukan pemilihan baik ketika sedang menunggu panggilan, memilih dan usai melakukan pencoblosan. Alharis menyampaikan untuk Pemilu serentak 2020, jumlah DPT Pasaman Barat berjumlah 262.654 jiwa, terdiri dari 130.431 pemilih pria, dan 132.223 wanita yang terdapat 1.034 Tempat Pemungutan Suara di Kabupaten Pasaman Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00