Delapan Peserta Perseorangan Mendaftar Pilkada Serentak di Sumbar

KBRN, Padang: Peserta Pilkada serentak 2020 dari jalur perseorangan di Sumatera Barat terasa lebih antusias dibanding pada Pilkada serentak 2015 lalu. Hingga saat ini sudah tercatat 8 pasangan bakal calon perseorangan yang telah menyatakan niat mendaftar, baik untuk Pilkada gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, wali kota-wakil wali kota.

Komisioner Divisi Teknis KPU Sumatera Barat, Izwaryani merinci, bakal calon perseorangan yang telah tercatat untuk Pilgub Sumatera Barat ada satu pasangan, yakni Fakhrizal-Genius Umar. Pilkada Bukittinggi satu pasangan, yaitu Ramlan Nurmatias- Shahrizal Dt. Palang Gagah. Kabupaten Limapuluh Kota dua pasangan, yakni Ferizal Ridwan-Nurkhalis, dan Maskar Dt.Pobo-Masril. Kemudian Pasaman Barat satu pasangan, yakni Agus Susanto-Rommy Candra. Selanjutnya Agam satu pasangan, yaitu Mishar-Syamsul Bahri. Lalu pada Pilkada Sijunjung terdapat satu pasangan, yakni Endre Syaiful–Nasrul. Kemudian Pilkada Kabupaten Solok 1satu pasangan, yakni Hendra Saputra-Mahtuzil Rahmat.

“Cukup banyak bakal calon perseorangan dibanding Pilkada 2015 lalu, yang tercatat hanya 1 pasangan, yakni di Pilwako Bukittinggi. Tentu dengan adanya bakal calon perseorangan ini, kinerja untuk verifikasi syarat dukungan harus benar-benar dilakukan,” ucapnya pada awak media, di Padang, Kamis (16/1/2020).

Izwaryani mengungkapkan, calon perseorangan untuk Pilgub Sumatera Barat diberikan waktu menyerahkan data dukungan pada 16 - 20 Februari. Sementara untuk Pilkada bupati/wali kota diberi tenggat waktu 19-23 Februari. Jumlah dukungan yang harus dikumpulkan berbeda-beda, sesuai dengan ketentuan dari daftar pemilih tetap pada Pemilu sebelumnya di daerah masing-masing.

“Selanjutnya, jumlah dukungan akan dihitung tim KPU dalam waktu 3 hari. Jika memenuhi syarat jumlah, maka tim akan melanjutkan dengan verifikasi administrasi selama satu bulan. Kemudian dilanjutkan verifikasi faktual dengan metode sensus. PPS mendatangi pendukung sesuai alamat masing-masing,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00