UNP Tambah Kerjasama dengan Perusahaan dan Universitas di Malaysia

Universitas Negeri Padang (UNP) memperluas kerjasama dengan perusahaan luar negeri, yang nantinya menjadi lokasi magang bagi mahasiswa. Rektor UNP, Prof. Ganefri mengatakan, perluasan kerjasama magang dilakukan guna meningkatkan keterampilan mahasiswa UNP, supaya benar-benar menjadi sosok siap kerja. Bahkan pengalamannya pun berkelas internasional.

“Sebelumnya sudah ada kerjasama dengan 46 perusahaan di Malaysia. Tahun ini ditambah 6 perusahaan lagi yang kami gandeng. Perusahaan itu semuanya dari Malaysia, sebab UNP memiliki perwakilan aktif di negeri Jiran itu, yakni Prof. Dr. Alex Ong,” ucap Ganefri usai penandatanganan kerja sama di Auditorium UNP, Rabu siang (28/8/2019).

Ganefri menjelaskan, perusahaan yang bermitra dengan UNP merupakan industri yang bergerak di berbagai sektor. Antara lain perhotelan, infrastruktur, kesehatan, media digital. Bahkan sudah ada mahasiswa UNP yang akhirnya direkrut pada perusahaan Malaysia, usai menuntaskan praktik magang.

“Sudah ada yang diterima kerja di Langkawi. Magang ini lamanya 1 bulan. Tidak sebanyak-banyaknya kita kirim. Dipilih juga yang pergi, diseleksi,” ucapnya.

Sementara itu, jelas Ganefri, untuk kerja sama dengan 3 Universitas Malaysia, di antaranya Infrastructure University Kuala Lumpur dan Universiti Tenaga Malaysia, difokuskan untuk pengembangan sumber daya manusia. Realisasinya berupa pertukaran mahasiswa dan dosen. 

“Saat ini 5 orang mahasiswa UNP berkuliah di USM selama 1 semester, mahasiswa mereka disini pula. Mahasiswa UNP disediakan asrama, mahasiswa mereka juga kami asramakan,” bebernya.

Pada kesempatang yang sama, Timbalan Yang Dipertuan Dewan Negara Malaysia, Senator Datuk Seri Abdul Halim Bin Abdul Samad mengatakan, kerja sama pendidikan antara Malaysia dan Indonesia merupakan langkah yang baik. Pengembangan ilmu antar dua negara serumpun ini harus diperkuat.

“Ilmu-ilmu baru yang berkembang di Padang bisa dibagi ke Kuala Lumpur. Begitupula ilmu di Kuala Lumpur bisa ditransfer ke Padang, agar semua berkembang seiring,” tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00