18 Desa di Pariaman Ikut Pilkades 2022

KBRN, Padang : 18 Desa di Kota Pariaman akan menggelar pemilihan kepada desa serentak pada bulan Februari 2022. Tahapan demi tahapan sudah mulai dilaksanakan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Hendri kepada RRI kemarin mengatakan, persiapan untuk pelaksanaan Pilkades 2022 sudah dimatangkan. Dijelaskan Hendri, Pilkades serentak tersebut akan digelar pada tanggal 12 Februari 2022.

“Tahapan sudah dimulai dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di masing-masing desa. Kemudian, panitia di tingkat kota dan tingkat kecamatan,” ujar Hendri, Rabu (01/12/2021).

Selain pembentukan panitia, pihaknya juga gencarnya melakukan sosialisasi dan pengumuman pendaftaran bakal calon. Adapun tahapan pilkades antara lain mulai tahap pengumuman, pendaftaran, penjaringan, penetapan calon dan masa pelaksanaan pencoblosan atau pemungutan suara.

“Hingga akhir Desember 2021 ini, kita akan lakukan penetapan bakal calon Pilkades nanti,” tuturnya.

Terkait dengan kondisi pandemi covid 19, Hendri menjelaskan sesuai dengan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 di mana Pilkades dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan..

Kedelapan belas desa yang menggelar Pilkades di Kota Pariaman yakni, Desa Sikapak Barat, Desa Cubadak Air, Desa Tanjung Sabar, Desa Naras Hilir, Desa Balai Naras, Desa Naras I, Desa Pang Birik-Birik. Kemudian Desa Sungai Rambai, Desa Tungkal Utara, Desa Ampalu, Desa Kampung Baru Padusunan, Desa Kampung Gadang, Desa Talago Sarik, Desa Toboh Palabah, Desa Simpang, Desa Punggung Lading, Desa Marabau dan Desa Marunggi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar