Pelantikan 2 Kepala Daerah di Sumbar Dilakukan Serentak 26 April

KBRN, Padang : Pelantikan dua kepala daerah di Sumatera Barat akan dilakukan secara serentak bertahap pada 26 April mendatang. Hal tersebut sesuai dengan arahan yang telah dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Bupati Kabupaten Solok Selatan dan Bupati Kabupaten Solok terpilih akan dilantik serentak secara nasional pada 26 April mendatang. Pelantikan dilakukan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernuran," kata Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Iqbal Ramadi Payana saat dihubungi RRI di Padang, Selasa (23/3/2021).

Menurut Iqbal, dengan telah mendapatkan kepastian terkait pelantikan dua kepala daerah  tersebut, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diminta untuk mengajukan penjabat (Pj) bupati. Sebab kondisi saat ini, dua daerah hanya diisi Seketaris Daerah sebagai Pelaksana Harian (Plh) bupati yang kewenangannya terbatas.

"Kami agar Kemendagri segera dapat menetapkan PJ bupati, sehingga roda pemerintahan tetap dapat berjalan. Mengingat pelantikan masih terbilang cukup lama yakni lebih dari satu bulan lagi," ucapnya.

Iqbal menambahkan, Kabupaten Solok Selatan nantinya akan dipimpin Khairunas dan Yulian Elfi. Sementara Bupati dan Wakil Bupati Solok akan dijabat oleh Epyardi Asda-Jon Firman Pandu. Dengan dilantiknya dua kepala daerah tersebut, 13 daerah yang mengikuti Pikada serentak 2020 telah memiliki pimpinan baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar