Canangkan BBGRM, Bulan Bhakti Dasawisma dan Launching Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat

KBRN, Padang :  Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto didampingi stakeholder terkait menghadiri sekaligus mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Bulan Bhakti Dasawisma, serta Launching Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat, dan juga persiapan Lomba PKK Tingkat Provinsi tahun 2022 di halaman Kantor Wali Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Selasa (24/5/2022).

Pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Risnawanto mengatakan, sejak zaman dahulu budaya gotong royong telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama gotong royong dalam mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan Indonesia. Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong ini harus diupayakan dan dimaksimalkan.

"Kenapa pencanangan ini kita bangkitkan kembali, karena rasa gotong royong kita selama 78 tahun Indonesia merdeka semakin lama semakin memudar. Kami seluruh jajaran Pemda Pasbar hingga pemerintahan nagari dan jorong menghimbau seluruh lapisan masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, mari kita dukung pencanangan ini. Jika pencanangan ini tercapai maka program Pemda akan tercapai," ucap Risnawanto.

Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma lanjutnya, erat kaitan dengan 10 program pokok PKK Pasbar. Program yang menyentuh semua lini masyarakat. Wabup Risnawanto mengajak dan menghimbau, bagaimana agar 10 program PKK sejalan dengan program Dasawisma.

"Selanjutnya aplikasi Jembatan Asa yang baru saja di launching diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan membantu kegiatan masyarakat Pasbar,"harapnya.

Disamping itu, Ketua TP. PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan kegiatan BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma rutin setiap tahun dilaksanakan pada tingkatan yang berbeda. Kantor Wali Nagari Kinali dipilih karena Nagari Kinali akan mewakili Kabupaten Pasaman Barat untuk mengikuti lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi serta Dasawisma Bougenville 1 Jorong Bunuik juga telah mewakili Kabupaten Pasaman Barat mengikuti lomba Kader Dasawisma Beprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Sebelumnya BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma di tingkat Provinsi Sumatera Barat juga telah dicanangkan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, di Kabupaten Dharmasraya pada 9 Maret 2022 dan saat ini di Tingkat Kabupaten Pasbar pencanangannya di pusatkan di lapangan depan Kantor Wali Nagari Kinali", jelas Ny. Titi Hamsuardi.

Ia melanjutkan, Pasbar pada 2 Juni 2022 mendatang akan mengikuti lomba Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar yang meliputi 5 kategori.

"Lomba terdiri dari tertib administrasi PKK yang bertempat di Kantor Wali Nagari Kinali, Pokja 1 dengan kategori Paredi bertempat di Kantor Wali Nagari Kinali, Pokja 2 dengan kategori UP2K bertempat di Jorong Langgam, Pokja 3 dengan kategori Aku Hatinya PKK bertempat di Jorong Bunuik dan Pokja IV dengan kategori PHBS Plus bertempat di Jorong Koja", terangnya.

Sementara itu, Kepala DPMN Pasbar Randy Hendrawan menjelaskan Kegiatan Pencanangan BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma, Launching Aplikasi Jembatan Asa Pasbar serta persiapan Lomba PKK Tingkat Provinsi yang diadakan mengangkat tema "Melalui Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong, Bulan Bhakti Dasawisma, Kita Kolaborasikan 50 Tahun Gerakan PKK Dengan Pemerintah Berbakti Untuk Bangsa Berbagi Untuk Sesama".

Peserta kegiatan berjumlah lebih kurang 250 orang yang terdiri dari tamu undangan dari provinsi, kabupaten, kecamatan dan dari Nagari Kinali. Ia berharap, kegiatan yang dilakukan dapat menghidupkan kembali Dasawisma di Pasbar. Tentunya dengan sinergi dan kekompakan semua pihak dalam menumbuhkan semangat gotong royong.

Selain itu, Pj Wali Nagari Kinali Sudirman mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan terutama dari provinsi dan kepada Pemda Pasbar, yang mempercayai Nagari Kinali sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

"Kami dari pemerintahan Nagari Kinali mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemda Pasbar yang telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan acara yang kita laksanakan hari ini. Kita berharap kegiatan ini dapat menambah semangat kita dalam menumbuhkan semangat bergotong royong", sebut Sudirman.

Kegiatan pencanangan dan launching ini merupakan kerjasama antara TP PKK Kabupaten Pasaman Barat, DPMN dan Dinas Kominfo sebagai perancang aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat.

Turut Hadir Kepala DPMD Provinsi Sumbar, Sekretaris TP.PKK Provinsi Sumbar, Unsur Forkopimda Pasbar, Kepala OPD, Camat se Pasbar, Forkopimca Kinali, Pimpinan Bank Nagari, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat dan Stakeholder terkait lainnya.

Diakhir pencanangan, juga dilakukan penyerahan alat bantu gotong royong oleh Wabup Risnawanto dan Pimpinan Bank Nagari kepada Camat Kinali dan Wali Nagari Kinali. Wabup Risnawanto juga menyempatkan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan di Kantor Wali tersebut. Kegiatan berakhir dengan kunjungan ke Kampung Silambau Kecamatan Kinali.

@humasdiskominfopasbar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar