KEJAHATAN TEKNOLOGI SKIMMING, JANGAN SAMPAI NASABAH YANG DIRUGIKAN, OJK BERI TIPS AMAN BERTRANSAKSI

Ilustrasi alat Skimmer

KBRN, Padang:  Skimming merupakan salah satu kejahatan perbankan yang kerap terjadi, tak hanya pada Bank berplat merah, beberapa nasabah bank besar lainnya juga pernah mengalami hal ini. Meski jarang terjadi di Indonesia, namun tak menutup kemungkinan dapat terjadi dimana saja. Seperti yang dialami oleh bank BUMD kebanggaan urang awak baru-baru ini. 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan –OJK Sumatera Barat, Yusri mengatakan, praktek skimming dapat dihindari dengan mengenali ciri-ciri utamanya. Menurutnya, modus pencurian data nasabah perbankan dengan menggunakan alat skimmer ini, dapat diantisipasi dengan menutup rapat saat hendak memasukkan pin transaksi di anjungan tunai mandiri – ATM. 

Yusri menjelaskan, mengganti pin secara berkala diyakini dapat menghindari kejahatan skimming maupun kejahatan phissing lainnya yang sering terjadi.

“ Saat akan menggunakan ATM, jika menemukan kejanggalan pada ruang ATM, maka segera laporkan pada kontak resmi bank yang bersangkutan dan pindah ke ATM lainnya. Kemudian gantilah Pin secara berkala, dan tutup lah saat menginput pin di ATM,” jelas Yusri.

Yusri juga mengingatkan masyarakat yang masih menggunakan kartu debit menggunakan teknologi maghnetic strip, agar segera menggantinya dengan kartu berbasis chip di perbankan yang digunakan masyarakat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar