HINDARI TINDAK KEKERASAN DIGITAL

KBRN, Padang: Berselancar di media sosial memanglah mengasikkan, namun kelalaian bisa membuat penggunanya terjerumus melakukan kejahatan digital. Sebut saja bullying atau perundungan yg terjadi di media sosial. Sering kasus seperti ini yang menjadi sorotan publik, untuk itu, Kepala divisi humas HIMPSI wilayah Sumatera Barat, Endah Rahayu mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial di dunia maya, terutama untuk perempuan. Kaum haww diminta menghindari berpakaian yg menarik perhatian kaum lelaki, serta tidak berperilaku yang mengarah pada pornoaksi seperti menari-nari dengan menampakkan lekuk tubuh dengan tujuan terkenal. Sebab hal itu sedang marak terjadi di salah satu aplikasi media sosial. Padahal dampaknya bisa sangat negatif, di antaranya perundungan.

“Dan penting untuk mengantisipasi hal tersebut dengan tidak membalas perundungan, jika sudah sangat mengganggu sebaiknya report akun dan laporkan kepada orang tua. Hindari juga menggunakan pakaian yang terbuka dan menari-nari di aplikasi” ujar Endah.

Perempuan yg akrab disapa Yuke ini menambahkan, jika ingin pemposting sesuatu, hendaklah dipikirkan terlebih dahulu agar terhindar dari jeratan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar