Pemkab Pasbar dan Pessel Jalin Kerja Sama Penyelenggaraan SPBE

KBRN,  Padang : Dalam meningkatkan kinerja administrasi Pemerintah Daerah dan pelayanan publik melalui penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat menjalin kerja sama dengan Pemkab Pesisir Selatan (Pessel). Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Pasbar Edy Murdani dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pessel, Junaidi, Senin (18/10/2021) di Painan.

Kepala Dinas Kominfo Pasbar Edy Murdani menjelaskan bahwa tujuan MoU SPBE tersebut untuk meningkatkan kinerja dan kualitas penyelenggaraan administrasi Pemda, meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan pencegahan tindak pidana korupsi. Meningkatkan fungsi pelayanan publik dan pemerintahan secara elektronik dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam lingkup pertukaran serta pengembangan teknologi informasi.

"Selama tiga tahun kedepan kita bisa berbagi aplikasi antara Pemkab Pasbar dan Pessel untuk kepentingan pelayanan di masing-masing pihak," kata Edy.

Selain berbagi aplikasi lanjutnya, kedua belah pihak juga dapat berbagi informasi terkait SPBE dan mendapatkan konsultasi dan pendampingan terkait aplikasi SPBE yang dibagi pakaikan baik secara daring maupun pendampingan dan pengimplementasian secara langsung.

"Saat ini ada Dua aplikasi yang didapat oleh Kominfo Pasbar adalah IT Service Management iTop. Software ini sangat mendukung untuk membantu dalam pengelolaan dan implementasi manajemen layanan sehari-hari dan aplikasi manajemen resiko,"jelasnya.

Edy murdani berharap kerjasama antara Pemkab Pasbar dengan Pessel dapat terselenggara dengan baik, sehingga pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dapat meningkatkan kemampuan dan pengelolaan organisasi pemerintah yang lebih baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00