PERLUNYA INOVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA

Ilustrasi Minat baca

KBRN, Padang: Teknologi yang berkembang pesat semakin mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Terutama dalam hal literasi. Perpustakaan menjadi salah satu wadah serta dapat dimanfaatkan masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli banyak buku dengan biaya sendiri. Seiring berjalannnya waktu, kini perpustakaan tidak lagi menjadi pilihan utama masyarakat. Sebab mudahnya mengakses informasi menjadikan masyarakat beralih ke dunia digital.

Tergerusnya perpustakaan tidak membuat Perpustakaan umum Kota Padang kehabisan akal untuk membuat masyarakat mau membca. Kepala Seksi Arsip dan Perpustakaan Kota Padang, Sefni Hayati, mengatakan, pihaknya telah melakukan inovasi menjemput bola dengan mengadakan perpustakaan keliling. 

“Kami telah melakukaan program pustaka keliling, baik ke Lapas, panti asuhan, untuk mendapatkan pemerataan layanan perpustakaan untuk masyarakat kota padang,” jelas Sefni.

Sementara itu, Guru Besar Pendidikan, Profesor Jamaris Jamna mengatakan, inovasi yang dilakukan perpustakaan dapat lebih dikembangkan tidak hanya dengan perpustakaan keliling saja, namun bisa memanfaatkan teknologi dengan membuat aplikasi keliling. 

“Perpustakaan memang harus kreatif. Kalau dulu lebih dengan melayani, sekarang lebih kepada produktivitas dengan memanfaatkan teknologi. Jadi pustakanya tidak kemana-mana, tapi aplikasinya yang keliling. Jadi dengan perkembangan teknologi, bisa menggunakan audiobook itu salah satu hal yang bagus sekali,” jelas Profesor Jamaris. 

Prof Jamaris menambahkan, untuk melanjutkan aplikasi pustaka keliling dapat juga bekerjasama dengan desa-desa yang ada di kabupaten kota di Sumatera Barat. dengan adanya teknologi, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat baca masyarakat.  Dirinya menambahkan, jika hanya mengandalkan buku fisik, maka ke depan, perpustakaan bisa mati suri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar