4 Manfaat Puasa Sunnah untuk Anak yang Sayang Dilewatkan

KBRN, Padang : Ibadah puasa sebenarnya tidak diwajibkan bagi anak-anak. Namun, tidak ada salahnya jika ayah dan ibu mulai mengenalkan konsep berpuasa pada anak, sedini mungkin. Faktanya, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Si Kecil. Selama berpuasa di bulan Ramadan, seorang muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. 

Jika Si Kecil masih belajar, tidak perlu terlalu memaksakan untuk berpuasa sehari penuh. Alih-alih mendapatkan manfaat puasa untuk anak karena memaksakan diri malah bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Anak yang dipaksa puasa bisa merasa tertekan, menjalankannya dengan terpaksa, dan yang paling parah bisa memicunya berbohong untuk dapat berbuka puasa. 

Beragam Manfaat Puasa untuk Anak 

Salah satu manfaat puasa untuk anak adalah baik untuk kesehatan tubuhnya. Namun tidak hanya itu, berpuasa ternyata juga bisa membantu membentuk dan mengembangkan karakter Si Kecil. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan jika Si Kecil ikut menjalankan ibadah yang satu ini? 

Mencegah Obesitas 

Melihat anak kecil yang gemuk memang menggemaskan, tetapi hati-hati akan ancaman di balik hal tersebut. Sebab, anak-anak yang dibiarkan memiliki berat badan berlebih dikhawatirkan rentan mengalami obesitas alias kelebihan berat badan. Nah, puasa bisa membantu menurunkan risiko tersebut. Saat puasa, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh anak akan terbatas dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh anak. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Rutin berpuasa juga bisa menjaga tubuh Si Kecil lebih sehat dan tidak mudah sakit. Ada riset yang menunjukkan bahwa puasa selama beberapa waktu bisa membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih serta membentuk daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dengan begitu, risiko anak mengalami sakit akan lebih kecil, karena imunnya bekerja maksimal dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. 

Belajar Disiplin 

Puasa juga bisa membantu anak lebih disiplin. Sebab, selama menjalani ibadah ini anak akan belajar hal-hal mana saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terutama selama berpuasa. Ajarkan Si Kecil untuk menghindari hal yang tidak diperbolehkan agar puasanya tidak batal, karena semakin lama hal ini akan membentuk karakter disiplin pada anak. 

Belajar Mengendalikan Diri 

Lewat puasa anak juga bisa diajarkan disiplin waktu. Cobalah ajak mereka membiasakan diri bangun lebih pagi untuk beribadah bersama keluarga atau belajar. Kata ahli, puasa juga bisa melatih kesabaran anak dalam menahan lapar dan dahaga. Selain itu, puasa juga bisa mengajarkan anak lebih sabar dalam mengendalikan diri dari kebiasaan “serba enak”, dan sikap manja lainnya. Selain itu, Si Kecil juga bisa belajar untuk mengendalikan emosi sehingga tidak mudah marah dan bisa bersikap lebih dewasa. 

Itulah beberapa manfaat puasa untuk anak. Sangat sayang dilewatkan, bukan? Meski begitu, pastikan anak cukup siap untuk ikut berpuasa dan jangan memaksakan diri, ya. Ajarkan dan kenalkan konsep berpuasa dengan perlahan pada Si Kecil sehingga dia lebih tertarik menjalaninya. 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar