PTM 100%, SISWA PERLU SIAPKAN MENTAL

Meria Susanti Akademisi Psikologi UNAND

KBRN, Padang: Suasana yang berbeda kini harus dihadapi siswa sekolah. Selama pandemi covid 19 dua tahun terakhir, siswa harus menghadapi pembelajaran secara daring. Dan sejak Januari 2022, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama- SKB 4 mentri menyatakan mulai tahun ajaran baru di 2022 ini, sekolah diwajibkan tatap muka. Untuk itu siswa yang memulai ptm, tidak hanya harus menyiapkan perlengkapan sekolah, namun juga harus menyiapkan mental, agar dapat kembali bersosialisasi dengan lingkungan sekolah.

Psikolog pendidikan Universitas Andalas Padang, Meria Susanti, mengatakan, selama pembelajaran daring, secara kognitif materi pembelajran diberikan oleh guru, namun pembelajaran disekolah tidak hanya sebatas penjelasan akan materi, namun bagaimana interaksi siswa ke guru, dan sesama siswa. Meri menambahkan, butuh adaptasi untuk memulai pertemuan pembelajaran tatap muka. Dan untuk itu, tidak hanya siswa yang perlu beradaptasi, namun pihak sekolah juga harus mendukung agar anak dapat beradaptasi dengan baik.

“Banyak pihak yg terkait agar siswa mampu beradaptasi kembali. Sekolah juga harus membantu siswa untuk beradaptasi terutama mengenai prokes, Dan bagi siswa harus mampu mengikuti aturan-aturan yang ada disekolah ” ujar

Meri menambahkan, protokol kesehatan tetap harus menjadi perhatian baik pihak sekolah maupun orang tua demi mengurangi resiko penularan. Sebab menurut Meri covid 19 masih ada dan jangan sampai abai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar