Ini Pesan Genius Umar saat Jadi Inspektur Upacara Bendera di SMA N 3 Pariaman

KBRN, Padang : Dengan program-program pendidikan yang telah diluncurkan di Kota Pariaman, diharapkan siswa semakin giat belajar. Selain itu dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga dapat menjadi generasi yang hebat nantinya.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika bertindak menjadi Inspektur Upacara Bendera di SMA N 3 Pariaman, Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (17/1/2022).

Genius menuturkan sejak Tahun  2009,  Kota  Pariaman meluncurkan Peraturan Walikota (Perwako) Pariaman Nomor 28 tahun 2009 tentang Pelaksanaan Wajib Belajar  (Wajar) 12 tahun di Kota Pariaman, yang artinya biaya pendidikan dari tingkat SD, SMP sampai SMA sederajat dibantu oleh Pemerintah.

"Sejak perpindahan kewenangan SMA/ SMK ke Provinsi, maka Pemerintah Kota Pariaman memberikan bantuan keuangan khusus ke Provinsi Sumatera Barat, yang nantinya untuk membayar pendidikan gratis untuk SMA/ SMK di Kota Pariaman," ujarnya.

Ia juga menuturkan pemberian bantuan Keuangan Khusus ini, adalah cara untuk mewujudkan Wajib Belajar 12 tahun, dengan pendidikan gratis SD, SMP dan SMA/ SMK Negeri di Kota Pariaman. Jadi semua siswa SMA/ SMK yang berasal dari Kota Pariaman tidak dipungut biaya lagi. Hal ini bukan hanya untuk anak-anak Kota Pariaman saja, tetapi juga anak-anak Kabupaten lainya yang bersekolah di Kota Pariaman.

"Kita juga mempunyai Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) yang kita luncurkan sejak Tahun 2018 lalu, ini adalah salah satu cara untuk memberikan kesempatan pada putra putri terbaik Kota Pariaman, dari keluarga yang kurang mampu, untuk menempuh jenjang pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar