Prihatin Terhadap Kejahatan Seksual pada Anak, Mahasiswa KKN Unes Edukasi ke Sekolah

Edukasi Mahasiswa KKN Unes di SDN 24 Batuang Nan XX Taba.jpeg
Edukasi Mahasiswa KKN Unes di SDN 24 Batuang Taba Nan XX.jpeg

KBRN, Padang: Prihatin dengan kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang masih kerap terjadi pada anak di Kota Padang, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ekasakti (Unes) di Kelurahan Batuang Taba Nan XX, Kota Padang memberikan edukasi pada siswa di SDN 24 Batuang Taba. Kegiatan itu diberikan pada siswa kelas 5 dan 6, yang tak lama lagi masuk bangku SMP.

Mitra Oktavia, perwakilan mahasiswa KKN Unes mengatakan, pelecehan seksual pada anak kerap dilakukan oleh di lingkungan terdekat mereka sendiri. Ditambah lagi, anak-anak tidak teredukasi dengan baik tentang pelecehan seksual.

“Kita edukasi tentang anggota tubuh pada laki-laki dan perempuan yang boleh dan tidak boleh dipegang oleh orang lain. Lalu kita jelaskan alasannya, sekaligus cara menghadapinya jika mendapatkan perbuatan mengarah pada pelecehan seksual,” ucapnya pada RRI Padang, Selasa (9/8/2022).

Mitra berharap, edukasi bisa menambah pengetahuan siswa agar terhindar dari kejahatan predator seksual. Apalagi, Kota Padang masih dilabeli sebagai daerah darurat kejahatan seksual pada anak. Wali Kota Hendri Septa pun berkomitmen untuk menekan angka kejahatan ini melalui edukasi sejak dini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 24 Batuang Taba, Suryati Ajar mengapresiasi kegiatan edukasi mewaspadai kekerasan seksual sejak dini.

“Supaya anak lebih tahu dan bisa waspada jika ada orang yang hendak berbuat jahat,” ungkapnya.

Selain edukasi mengantisipasi kekerasan dan pelecehan seksual sejak dini, mahasiswa KKN Unes lainnya, secara bergiliran juga memberikan edukasi terkait pengamalan Pancasila, hingga pentingnya minum susu dan makan telur. Sebab wilayah Batuang Taba masuk dalam daerah rentan stunting. Menutup kegiatan itu, mahasiswa KKN juga membagikan susu pada siswa kelas 1 dan 2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar