28 Calon Penerima Program Saga Saja Ikuti SIMAK UI Tahun 2022

KBRN, Padang : Sebanyak 28 orang calon penerima program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) Kota Pariaman mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022. SIMAK UI pada program Saga Saja dilaksanakan di Labor Komputer SMP 2 Kota Pariaman.

“28 Calon penerima program Saga Saja untuk Tahun 2022 mengikuti SIMAK UI. Ujian dilaksanakan selama 3 (tiga) jam mulai pukul 13.00 s.d 15.00 Wib. Namun sebenarnya ujian boleh dilaksanakan dari mana saja, tetapi khusus untuk Kota Pariaman melalui program Saga Saja kita fasilitasi melaksanakan ujian di Labor SMP 2 Kota Pariaman," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi, Minggu (3/7/2022) dikutip dari MCP.

Program Saga Saja merupakan salah satu program unggulan dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin. Program ini telah dimulai sejak Tahun 2018 dengan memprioritaskan masyarakat Kota Pariaman yang kurang mampu.

“Sebenarnya ada 30 orang pelajar yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung sebagai penerima program Saga Saja. Namun yang hanya mengikuti SIMAK UI sebanyak 28 orang. Sementara untuk 2 orang peserta, mereka telah dinyatakn lulus dengan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)," katanya.

Ia berharap semua peserta yang mengikuti SIMAK UI akan lulus dan menuntut ilmu di perguruan tinggi UI. Namun semua itu kita kembalikan ke nilai yang akan dapatkan hari ini bagi para peserta.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Program Vokasi UI Priyanto mengatakan bahwa Program Vokasi UI telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk program Saga Saja.

“Pada dasarnya kita ingin mengembangkan kerjasama daerah industri dengan beberapa kabupaten/kota lainya bahkan Kota Pariaman juga telah terlibat langsung sehingga terjadinya pemerataan terkait kesempatan belajar di UI. Semua pelajar yang hari ini mengikuti SIMAK UI telah bersaing dengan pejalar lainnya se Indonesia. Dengan ketatnya pesaingan, maka kami  memberikan semangat dan keyakinan sehingga lahirlah kepercayaan diri dari masing – masing peserta," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar