Selamat, Laboratorium Terpadu UNP Terakreditasi KAN

KBRN, Padang : Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil mendapatkan Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan No. LP-1641-IDN terhadap 11 jenis pengujian dengan metode uji internasional dan nasional seperti ASTM, BS dan SNI. Jenis pengujian yang diakreditasi meliputi Pengujian Batubara (kadar air, nilai kalori, zat terbang, kadar abu, kandungan sulfur), Pengujian Kuat Tekan Beton, Pengujian Tarik, Pengujian Kekerasan Bahan Brinell, Rockwell, Micro-Vickers dan Pengujian  X-Ray Diffraction (XRD).

Dengan status akreditasi laboratorium pengujian, maka Laboratorium Terpadu UNP diharapkan dapat memberikan layanan pengujian bahan dengan baik untuk kalangan civitas akedemika UNP, layanan bagi industri dan masyarakat pada umumnya. Ini merupakan suatu bentuk komitmen dari Universitas Negeri Padang dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Negeri Padang.

Dalam hal ini, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D menyatakan apresiasi kepada semua tim Laboratorium Terpadu UNP yang sudah bekerja keras sehingga Akreditasi ini bisa diraih.

“Alhamdulillah, laboratorium terpadu terakreditasi KAN telah dimiliki oleh UNP. Terima kasih kepada semua tim yg telah bekerja keras sehingga perjuangan ini akhirnya kita dapatkan” ujar beliau. Rektor UNP juga menambahkan "Dengan pencapaian ini akan menambah kepercayaan diri dan kekuatan UNP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) baru dan turut andil dalam menyongsong World Class University (WCU) yang dicanangkan oleh UNP,”Ganefri (Rabu, 22/6/2022).

Prof. Dr. Jamaris, M.Pd selaku Kepala LP3M UNP turut menyampaikan bahwa setelah didapatkan sertifikat akreditasi ini, Laboratorium Terpadu UNP sudah mulai menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk melakukan pengujian sampel di Laboratorium Terpadu UNP dan sudah ada beberapa perusahaan dan industri yang menyatakan kesediaannya untuk melakukan perjanjian kontrak pengujian dengan Laboratorium Terpadu UNP.

Andril Arafat, ST, M.Eng, Ph.D selaku Ketua Laboratorium Terpadu UNP menyatakan bahwa perolehan akreditasi Laboratorium Pengujian ini merupakan jalan panjang berliku mulai dari persiapan dokumen, peralatan hingga asesmen. Namun berkat dukungan penuh dari Pimpinan UNP dan kerja keras semua tim laboratorium, serta fasilitasi pendampingan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), akreditasi ini dapat diraih. Laboratorium Terpadu UNP merupakan perguruan tinggi pertama yang meraih akreditasi untuk wilayah Sumatera bagian tengah.

"Prestasi ini merupakan sebuah tantangan bagi Laboratorium Terpadu UNP dalam menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO/IEC 17025:2017 untuk Laboratorium Pengujian. Kita juga sedang menyiapkan beberapa pengujian lainnya untuk diajukan penambahan ruang lingkup" ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Riau, Juanda Reputra, menyampaikan bahwa keberhasilan UNP menjadi perguruan tinggi pertama di wilayah Sumbar-Riau yang memiliki laboratorium terakreditasi dapat diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

“Akreditasi laboratorium memberikan jaminan dan pengakuan terhadap keakuratan hasil pengujian yang dikeluarkan oleh Laboratorium. Kami mendorong perguruan tinggi memiliki laboratorium terakreditasi KAN untuk mendukung kebutuhan stakeholder,”ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar