Remote Assessment Komite Akreditasi Nasional Laboratorium Terpadu UNP

KBRN, Padang : Pusat Pengembangan Laboratorium Terpadu UNP menjalani remote assessment Akreditasi Awal Laboratorium Terpadu UNP ISO/IEC 17025:2017 sesuai jadwal yang yang telah diberikan oleh Komite Akreditasi nasional (KAN) yaitu 1 dan 2 Desember 2021.

Ruang Lingkup Pengujian yang diajukan mengikuti proses Akreditasi Awal ini berasal dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang yaitu Ruang Lingkup Uji Tarik (Teknik Sipil), Ruang Lingkup Tekan Beton (Teknik Sipil), Ruang Lingkup Uji Kekerasan Bahan (Teknik Mesin), Ruang Lingkup Uji Kualitas Batubara (Teknik Pertambangan) dan Uji X-Ray Diffraction (XRD) (Fisika). Andril Arafat Ph.D sebagai Kepala Pusat Pengembangan Laboratorium Terpadu UNP menjelaskan bahwa ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu selama bertahun-tahun, kerja keras semua Tim Laboratorium Terpadu untuk mempersiapkan dokumen selama ini terbayar lunas dengan keluarnya jadwal Asesmen dari KAN.

"Ini merupakan langkah awal bagi Laboratorium Terpadu UNP untuk mendapatkan pengakuan hasil pengujian di level Internasional. Beberapa lingkup pengujian yang diajukan diantaranya pengujian kekerasan baja dan logam, fisika kimia batu bara, serta struktur kristal logam," ucapnya (Jumat, 3/12/2021).

Selain itu Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri Ph.D  yang hadir pada acara pembukaan Remote Assessment ini menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan Laboratorium Terpadu UNP dalam rangka meraih akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dan beliau berharap Laboratorium Terpadu UNP dapat memberikan layanan pengujian bagi masyarakat dengan standar layanan yang profesional dan hasil yang valid.

"Ini merupakan cita-cita saya semenjak masih menjadi Dekan di Fakultas Teknik beberapa tahun yang silam , Alhamdulillah sekarang sudah bisa diwujudkan oleh Laboratorium Terpadu UNP,” tutup Ganefri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar