Pusbangbel LP3M UNP Gelar The 1st Knowledge and Innovation Sharing on Lesson Study and Learning Improvement Serta School Visit ke SMP Pembangunan Laboratorium UNP

KBRN,  Padang : Universitas Negeri Padang menggelar Konferensi Internasional dengan tajuk Knowledge  and Innovation Sharing on Lesson Study and Learning Improvement yang pertama yang dimotori oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran/Pusbangbel, LP3M UNP. Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 1 – 2 Desember 2021 secara Blended ini terdiri dari lima sub agenda yaitu Konferensi Internasional, Sharing Sesssion, STOLS Alumni Session dan School Visit ke SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Rektor UNP yang diwakili oleh WR4, Prof. Dr. Yasri, MS dalam arahannya menyampaikan bahwa UNP sebagai LPTK yang baru saja berubah status dari PTN-BLU menjadi PTN-BH tetap fokus menjadi lembaga pendidikan yang mempersiapkan guru-guru professional sebagai upaya mewujudkan generasi emas dan Indonesia maju. 

Presiden of ALSI/Perkumpulan Akademisi Lesson Study Indonesia, Sumar Hendayana, Ph. D yang tampil sebagai salah seorang pembicara menjelaskan bahwa pandemi covid 19 tidak boleh menghambat inovasi dan kolaborasi.

Praktik LSLC terbukti telah mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru di berbagai negara maju di dunia seperti Jepang, China, Hongkong, Inggris dan Singapore. Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang juga menyampaikan sejarah dan perkembangan LSLC di Kota Padang yang telah berjalan sejak tahun 2004 sampai saat ini.

Dinas Pendidikan Kota Padang mendukung pelaksanaan LSLC oleh guru-guru di Kota Padang dan siap menjadi mitra untuk menggerakkan guru-guru yang dimulai dengan gerakan merubah “mindset”.

Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran/Pusbangbel, LP3M UNP yang juga sebagai ketua pelaksana kegiatan, Dr. Nofrion, M. Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Knowledge  and Innovation Sharing on Lesson Study and Learning Improvement bertujuan untuk mempublikasikan dan berbagi pengalaman tentang penerapan dan pengembangan pembelajaran berbasis LSLC di berbagai negara.

Tahun ini, dihadiri oleh tiga negara yaitu Jepang, Malaysia dan Indonesia.  Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada hari kedua dilaksanakan kegiatan School Visit secara Luring di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Ketua LP3M UNP, Prof. Dr. Jamaris dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa pengembangan dan inovasi pembelajaran harus terus dilakukan oleh pendidik terutama di masa pandemi dan merespon perubahan global di abad 21. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar