Keistimewaan Nanas Madu Untuk Kesehatan

KBRN,Padang :  Nanas madu adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, nanas madu mengandung beragam nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. 

Seperti dilansir dari Halodoc,Buah nanas dapat dikonsumsi dengan beragam cara. Mulai dari mengonsumsinya dalam potongan buah, dimasukkan ke dalam menu salad, masakan, hingga mengolahnya menjadi jus buah. Tidak ada salahnya simak lebih banyak penjelasan mengenai kandungan dan manfaat buah nanas madu bagi kesehatan.

Buah nanas menjadi salah satu jenis buah yang mengandung kalori rendah dan nutrisi tinggi. Jangan lupa, nanas madu juga merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Dalam 100 gram nanas madu terdapat 85,66 gram air di dalamnya.

Nanas madu juga mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin C, B6, A, K, serat, folat, tembaga, tiamin, kalium, kalsium, magnesium, dan enzim bromelain bisa kamu temukan dalam buah nanas madu.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah tentunya nanas madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat nanas madu bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang terjadi ketika muncul sel abnormal yang tidak terkendali pada tubuh. Perkembangan penyakit ini juga berkaitan dengan adanya peradangan kronis dalam tubuh. 

Nanas madu juga memiliki kandungan bromelain didalamnya yang bisa mengatasi peradangan dalam tubuh. Bahkan, bromelain bisa mengatasi sel kanker yang mulai berkembang dalam tubuh. 

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Berbagai kandungan vitamin, mineral, hingga enzim dalam nanas madu membantu kamu meningkatkan imun tubuh. Penelitian yang ditulis dalam Journal of Nutrition and Metabolism menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi nanas madu akan berisiko lebih kecil mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

  1. Meringankan Gejala Arthritis

Buah nanas madu memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa membantu mengatasi peradangan atau inflamasi pada penyakit arthritis. Pengidap arthritis umumnya akan merasakan peradangan pada persendian yang menyebabkan sendi terasa kaku dan nyeri.

  1. Membantu Turunkan Berat Badan

Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan pola makan untuk membantu turunkan berat badan, salah satunya mengonsumsi buah. Kamu bisa mengonsumsi nanas madu untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan enzimnya yang dapat membantu membakar kalori.

Kandungan air dan serat pada nanas juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga kamu tidak akan mengalami sembelit. Hal ini juga bisa membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar