4 Gerakan Pendinginan usai Berolahraga untuk Cegah Kram

KBRN, Padang :  Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Olahraga perlu dilakukan secara rutin agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik. Namun, apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, sebaiknya pastikan kamu melakukan gerakan pendinginan usai berolahraga.

Biasanya, pendinginan yang dilakukan usai berolahraga berguna untuk mencegah otot menjadi kaku dan tegang. Hal ini menjadi salah satu cara menurunkan risiko kram usai berolahraga. Tidak ada salahnya simak ulasan mengenai beberapa gerakan pendinginan usai berolahraga yang bisa kamu lakukan, di sini!

Gerakan Pendinginan usai Berolahraga

Setelah berolahraga, usahakan melakukan pendinginan agar otot tidak kaku dan mencegah terjadinya kram usai berolahraga. Bukan hanya kram, latihan pendinginan usai berolahraga juga dilakukan untuk mencegah cedera, menurunkan suhu tubuh menjadi normal, meningkatkan aliran darah, hingga mengurangi stres pada jantung dan organ tubuh lainnya.

Gerakan pendinginan bisa kamu lakukan selama 10 menit setelah olahraga. Ada beberapa jenis gerakan yang bisa kamu lakukan, seperti:

Cat Cow

Mulailah dengan tangan dan lutut di atas matras. Pastikan tangan selebar bahu dan lutut selebar pinggul. Tarik napas secara perlahan dan angkat bagian tulang belakang ke atas. Jangan lupa untuk menarik perut ke atas secara perlahan.

Kemudian, angkat kepala dan hadapkan ke depan dengan pandangan lurus. Turunkan tulang punggung, hembuskan nafas secara perlahan. Lakukan gerakan ini perlahan beberapa kali hingga tubuh menjadi lebih rileks.

Arm Stretching

Dengan gerakan berdiri atau duduk, kamu bisa mengangkat kedua tangan ke sisi tubuh dan gerakan tangan secara perlahan. Kamu juga bisa menggerakan jari-jari tangan agar menjadi lebih rileks.

Overhead Stretch

Gerakan pendinginan ini dilakukan untuk membuat otot punggung dan bagian belakang menjadi lebih rileks. Kamu bisa mulai dengan gerakan berdiri, kemudian salah satu bagian tangan ke belakang dan usahakan meraih bagian belakang bawah leher. 

Gerakan tangan lain untuk mendorong ke bawah siku tangan yang ke belakang. Tahan beberapa detik hingga kamu merasa nyaman. Ulangi pada bagian tangan yang lainnya.

Standing Bicep Stretch

Gerakan ini dilakukan untuk membuat otot pada dada dan bahu menjadi lebih rileks. Caranya, mulailah dengan berdiri. Letakkan kedua tangan di belakang di depan pinggul. Genggam tangan dan tarik ke belakang secara perlahan. 

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar