6 Tips Olahraga Ketika Berpuasa

KBRN, Padang : Olahraga sebaiknya tetap perlu rutin dilakukan meski tengah menjalani ibadah puasa. Aktivitas fisik yang dilakukan saat puasa terbilang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, kamu perlu mengetahui tips olahraga saat puasa agar aktivitas harian tidak terganggu. 

Mau tahu apa saja tips-tips berolahraga ketika sedang berpuasa? Berikut bahasan lengkapnya!

Berbagai Tips Olahraga saat Puasa yang Efektif

Memang tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa tidak perlu berolahraga saat berpuasa. Padahal, kebugaran tubuh tetap perlu dijaga meskipun kamu tidak mendapatkan asupan makanan seharian. Agar tidak mengganggu aktivitas harian, ada beberapa tips olahraga saat puasa yang perlu diketahui, antara lain:

1. Pemilihan Waktu Olahraga

Tips olahraga saat puasa pertama yang perlu dipahami adalah memilih waktu olahraga yang tepat. Waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas fisik ini adalah satu jam sebelum berbuka atau sekitar 3-4 jam setelah berbuka puasa.

Saat memilih berolahraga satu jam sebelum berbuka puasa, kamu bisa memastikan tubuh tidak kehilangan cairan terlalu lama. Sebab, tidak lama setelahnya, kamu sudah diperbolehkan untuk minum yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Jika kamu memilih 3-4 jam setelah berbuka puasa, tubuh sudah mendapatkan nutrisi untuk berolahraga. Namun, jika kamu menyegerakan melakukan aktivitas fisik setelah berbuka, tubuh belum mencerna makanan yang masuk dan bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan. Penting sekali untuk memahami kebiasaan diri sendiri.

2. Menurunkan Intensitas Olahraga

Tidak sedikit orang yang takut kelelahan jika berolahraga saat puasa. Padahal, cara menyiasatinya adalah dengan menurunkan intensitasnya dibandingkan yang sering dilakukan. Jika terbiasa untuk berolahraga selama 1 jam atau lebih, cobalah untuk memangkasnya hanya menjadi 30 menit. Dengan begitu, perasaan lelah saat puasa dapat dihindari.

3. Berolahraga di Tempat yang Sejuk

Agar tidak mudah lelah dan mengeluarkan banyak keringat, cobalah untuk berolahraga di tempat yang sejuk. Dengan begitu, kamu bisa menjaga cairan tubuh tidak keluar berlebihan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Pilih tempat yang memiliki atap dan dengan aliran udara yang banyak.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Minum yang Cukup

Tips lainnya untuk olahraga saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat disertai minum air putih yang cukup. Kamu perlu memenuhi gizi seimbang pada tubuh yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah saat sahur dan berbuka. Selain itu, pastikan juga untuk minum 8 gelas air atau sekitar 2 liter air dengan rincian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas ketika malam hari.

5. Lakukan Olahraga yang Ringan

Selama puasa, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan. Tidak perlu yang membutuhkan tenaga besar karena dapat membuat tubuh lemas dan lelah. Beberapa olahraga yang cocok untuk dilakukan adalah joging, yoga, jalan santai, hingga angkat beban.

Kamu juga bisa pergi ke gym beberapa jam setelah berbuka puasa. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi kegiatan yang baik dilakukan selama berpuasa. Cobalah untuk memilih waktu yang paling baik, yaitu di pagi hari setelah sahur atau sebelum berbuka puasa. Jarak yang ditempuh tidak perlu jauh agar tubuh tidak lelah.

6. Kenali Tanda-Tanda Dehidrasi

Jika kamu aktif berolahraga saat puasa, penting untuk memperhatikan tanda-tanda dehidrasi. Sebab, dehidrasi bisa menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Nah, tanda-tanda dehidrasi yang perlu diwaspadai seperti pusing, kelelahan, penglihatan kabur, urine berwarna gelap, dan merasa sangat haus.

Nah, itulah beberapa tips olahraga saat puasa yang perlu kamu pahami. Selain itu, olahraga saat puasa perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan kondisi kerja. Dengan memahami hal tersebut, penyesuaian yang paling tepat bisa dilakukan dengan baik.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar