Khasiat Daun Alpukat Bagi Kesehatan, Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi

KBRN, PADANG:  Daun alpokat berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong hingga elips, rata-rata lebarnya 4-10 sentimeter dan panjangnya 10-30 sentimeter. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau tua dan kasar, sedangkan bagian bawah daun berwarna matte dan hijau muda hingga coklat.

Ada urat hijau-putih muda yang menonjol yang membentang di tengah setiap daun yang memanjang dan ramping. Daun alpukat biasanya dipanggang sebelum digunakan, menawarkan aroma kemiri pedas dan rasa adas manis yang lembut. Daunnya juga mungkin memiliki rasa yang sedikit pahit dan menyengat.

Daun alpukat merupakan sumber serat dan antioksidan yang sangat baik seperti fenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti inflamasi. Mereka juga mengandung seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, dan kalium. Banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil dari mengonsumsi daun alpukat. Kebanyakan cara mengonsumsinya yakni dengan menjadikannya teh herbal.

Khasiat Daun Alpukat

Biasanya masyarakat tidak menyadari fakta bahwa daun alpukat dapat digunakan untuk membuat teh yang menyehatkan dan menggugah selera. Daunnya memiliki senyawa yang disebut quercetin yang melawan radikal bebas dari tubuh. 

Radikal bebas bertanggung jawab untuk merusak protein, DNA, dan sel dalam tubuh kita yang lama-lama membuat imunitas tubuh menurun. Teh daun alpukat ini terbukti bisa menjadi teh penyembuhan bagi tubuh dan membantu tetap bugar dan sehat. Di bawah ini adalah beberapa khasiat daun alpukat yang dijadikan teh:

  1. Antioksidan Menghilangkan Radikal Bebas

Khasial daun alpukat selanjutnya ialah menghilangkan radikal bebas. Alpukat dikenal tinggi antioksidan, tetapi daun alpukat memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada buahnya. Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut quercetin yang menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah produk degenerasi yang terjadi secara alami dalam tubuh kita sebagai akibat oksigenasi. Antioksidan memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi, menjaga tubuh kita lebih sehat. 

Selain quercetin, daun alpukat juga mengandung polifenol yang merupakan kelompok antioksidan kuat lainnya.

  1. Dapat Mengobati Batu Ginjal

Khasiat daun alpukat seperti yang disebutkan sebelumnya yakni dapat mengobati batu ginjal. Secangkir teh daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. 

Semua ini adalah zat ampuh yang diduga membantu memecah batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 cangkir teh daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. Kebanyakan orang melihat hasilnya dalam sepuluh hari.

  1. Turunkan Tekanan Darah

Khasiat daun alpukat selanjutnya yakni turunkan tekanan darah. Antioksidan dalam daun alpukat juga dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Meskipun hal ini tidak akan menurunkan LDL Anda, atau "kolesterol jahat", hal ini dapat menurunkan tekanan darah. Untuk hasil terbaik, seduh teh alpukat tiga kali atau lebih per minggu. 

  1. Kurangi Kejang

Khasiat daun alpukat berikutnya ialah mengurangi kejang. Kejang adalah akibat dari ketidakseimbangan neurologis akibat terlalu banyak aktivitas di area saraf otak. Para peneliti telah mencatat bahwa ekstrak daun alpukat berfungsi untuk meningkatkan transmisi GABA, neurotransmitter yang menenangkan. 

Neurotransmitter yang menenangkan ini mengurangi kemungkinan terjadinya kejang. Bukti berkembang bahwa daun alpukat dapat menjadi alat manajemen yang berguna dan holistik untuk anak-anak penderita epilepsi. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun alpukat mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Senyawa tersebut berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung. Ini mengurangi kemungkinan bisul. 

Bisul adalah kejadian umum pada individu yang mengalami stres tingkat tinggi. Khasiat daun alpukat tidak hanya dapat menenangkan tingkat stres, tetapi juga dapat mengobati sakit maag.  

  1. Menurunkan Glukosa Darah

Seperti kebanyakan teh, antioksidan dan fitokimia dalam teh alpukat membantu tubuh dalam membakar lemak dan glukosa. Hasilnya, teh alpukat sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2. 

  1. Obati Gejala Asma

Senyawa fitokimia dalam khasiat daun alpukat memberikan relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. Hal ini dapat meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan asma. 

Teh dapat mengurangi kekakuan pada otot pernafasan yang menyebabkan gejala asma tidak nyaman. Beberapa pengguna teh alpukat yang holistik merekomendasikan untuk menambahkan satu sendok makan garam per 3 cangkir teh.

  1. Meredakan Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat diderita oleh siapa saja terutama yang berusia lanjut. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adeyemi dkk pada tahun 2002 melaporkan bahwa daun alpukat mengandung efek anti inflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh termasuk nyeri punggung. 

Studi Perancis lainnya juga menemukan bahwa manfaat kesehatan dari ekstrak daun alpukat juga dapat merangsang perbaikan tulang rawan dan menyembuhkan rasa sakit akibat efek obat anti inflamasi. 

Untuk mendapatkan khasiat daun alpukat ini, Anda bisa mengonsumsi teh daun alpukat atau memasukkannya ke dalam menu makanan selama beberapa hari. Sekadar informasi, beberapa orang juga mengatakan bahwa daun alpukat juga dapat mengurangi rasa sakit radang sendi dan jenis rasa sakit lainnya yang disebabkan oleh proses peradangan di dalam tubuh.

  1. Sembuhkan Diare

Khasiat daun alpukat bagi kesehatan lainnya yang harus Anda ketahui adalah khasiatnya dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri terutama Escherichia coli. 

Daun alpukat mengandung saponin yang cukup banyak yang dikenal sebagai salah satu tanaman flavonoid yang memiliki khasiat yang kuat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmasi dan Kimia Obat, Universitas Ilorin, Nigeria pada tahun 2013 menemukan bahwa saponin bersama dengan zat fitokimia lainnya seperti tanin dapat secara signifikan mengurangi infeksi bakteri dan membantu menghentikan diare. 

Ini masuk akal mengapa kebanyakan orang Afrika dan Amerika menggunakan daun alpukat untuk mengobati penyakitnya. Cukup konsumsi daunnya jika Anda sedang menderita diare dan tidak ada obat atau dokter di sekitar yang dapat membantu.

  1. Menghilangkan Sariawan

Sariawan mulut adalah suatu kondisi luka yang tidak normal yang terjadi di dalam mulut yang berupa serbuan aneh yang disebabkan oleh infeksi jamur.  Tidak hanya dikenal dengan efek antibakterinya, daun alpukat juga mengandung beberapa zat antijamur yang dapat membantu Anda menghilangkan sariawan. 

Jika ternyata kondisi ini menimpa Anda, coba saja mengunyah beberapa daun muda alpukat hingga halus, lalu diamkan di dalam mulut Anda sebentar lalu gosokkan dengan terburu-buru selama kurang lebih 5-10 menit. 

Lakukan perawatan ini tiga kali sehari dan perhatikan hasilnya setelah beberapa hari.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi mimpi buruk bagi masyarakat modern saat ini. Hal tersebut dapat terjadi pada tubuh jika sel DNA bermutasi dan tidak dapat mengontrol pertumbuhannya. 

Mutasi DNA dalam tubuh dapat disebabkan oleh efek radikal bebas yang merusak mekanisme sel tubuh. Daun alpukat mengandung efek antioksidan kuat yang ditimbulkan dengan adanya kandungan flavonoid dan fenol.

Antioksidan pada daun alpukat dapat mengurangi efek radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan. Meski begitu, khasiat daun alpukat untuk kesehatan masih perlu banyak penelitian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar