Manfaat Getah Kamboja Untuk Kesehatan

KBRN, PADANG; Apa yang telintas di benak Anda ketika membicarakan mengenai bunga kamboja? Kuburan? Ya, biasanya bunga kamboja memang dapat sering kita jumpai di tempat-tempat berbau religi seperti pemakaman. Meskipun demikian, bunga ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan negara Kamboja ya dikarenakan bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah.

Kamboja dapat dibudidayakan dengan beragam cara baik secara vegtatif maupun generative. Secara vegetative, kamboja dapat ditanam dengan cara stek maupun cangkok. Sedangkan secara generative, kamboja dapat dibudidayakan dengan cara menyemai bijinya.

Selain sebagai tanaman kuburan, kini kamboja telah banyak digunakan masyarakat seperti masyarakat Bali sebagai tanaman hias maupun untuk upacara keagaman dan penenang jiwa. Meskipun belum banyak yang tahu namun sebenarnya kamboja merupakan salah satu bunga yang dapat dimakan dan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hmm, lalu bagaimana dengan getahnya? Mari kita cari tahu dalam artikel berikut ini.

Manfaat Getah Kamboja

Bagian kamboja yang sering digunakan adalah bunganya. Namun apakah Anda tahu bahwa getah kamboja ternyata memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh manusia? Berikut merupakan penjelasannya.

1. Sebagai antibiotic

Getah kamboja memiliki kandungan fulvoplumierin yang dapat berguna sebagai antibiotic dengan dosis yang tepat. Zat ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Salah satu penggunaanya adalah apabila Anda merasa gatal pada sela-sela jari kaki dikarenakan adanya kuman air dsb yang ditandai dengan adanya luka kecil-kecil dan kulit pecah-pecah.  Namun ingat, jangan aplikasikan pada kulit yang lunak maupun sensitive karena dapat menyebabkan iritasi maupun luka yang lebih parah.

2. Membantu mengobati bisul

Getah kamboja dapat berguna pula untuk mematangkan bisul dan melunakkan katimumul serta kutil. Penyembuhan masalah kulit tersebut dengan menggunakan getah kamboja tidak begitu memberikan rasa sakit pada penderitanya karena getah kamboja mampu mengiritasi kulit dengan sedikit radang sehingga nanah akan keluar dan tidak merusak syaraf. Meskipun demikian, hindari getah kamboja pada mulut dan mata karena zat aktifnya dapat membahayakan organ tersebut.

3. Membantu mengatasi rasa sakit pada gigi

Bagi sebagian orang sakit gigi yang dirasakan dapat sangat tidak tertahankan. Apabila Anda mengalami sakit gigi, penyembuhan dengan getah kamboja dapat Anda coba. Sifat anestesi pada getah kamboja dapat membantu mengatasi rasa sakit pada gigi karena karies maupun pada permulaan perawatan ortodontik.

Untuk menyembuhkan sakit gigi, silahkan taruh getah kamboja pada gigi dengan menggunakan cotton bud. Berhati-hatilah untuk tidak meletakkanya pada gigi yang sehat dikarenakan justru dapat merusak gigi. Getah kamboja ini sangat keras, maka ada pula yang menyarakankan untuk mencampurkannya dengan minyak kelapa hangat sebelum menggunakannya pada gigi. Dosis penggunaanya cukup 1-2 kali sehari. Meskipun demikian, ini hanya untuk pengobatan sementara yaa.

4. Membantu menghilangkan tahi lalat

Adanya tahi lalat pada tubuh khususnya wajah terkadang dapat mempermanis penampilan bahkan mengganggunya. Bagi sebagian orang yang ingin menghilangkan tahi lalat, barangkali penggunaan getah kamboja dapat menjadi solusinya. Caranya sangatlah mudah, Anda tinggal mengambil getah kamboja dengan kapas ataupun cotton bud lalu dieluskan pada tahi lalat Anda. Silahkan lakukan secara berkala hingga tahi lalat hilang dengan sendirinya.

5. Membantu mengobati borok

Manfaat lain dari getah kamboja adalah membantu mengobati borok. Cara penggunaanya adalah hampir sama ketika mengobati bisul. Namun sebelum getah kamboja diaplkasikan pada borok, cuci borok terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar