4 Langkah Efektif untuk Mengecilkan Perut

KBRN, Padang : Bagi sebagian orang, mengecilkan perut mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meski sudah menerapkan pola diet dan berolahraga, nyatanya perut rata yang menjadi idaman tidak kunjung didapat. Sebenarnya, apa yang salah? Bagaimana sebenarnya cara mengecilkan perut yang efektif? 

Memiliki tubuh yang langsing dan perut rata menjadi impian bagi banyak orang. Maka dari itu, berbagai cara mengecilkan perut rela dilakukan. Namun hati-hati, salah memilih cara untuk mengecilkan perut adalah hal yang sering terjadi. Salah memilih cara mengecilkan perut bisa menjadi hal yang sia-sia dan tidak memberi hasil maksimal. 

Cara Mengecilkan Perut yang Perlu Diketahui 

Sebenarnya, cara mengecilkan perut tidaklah sulit, asal dilakukan dengan disiplin dan konsisten. Selain itu, penting juga untuk mengetahui gaya hidup yang harus diterapkan agar berat badan ideal dan perut rata bisa dicapai. Pada prinsipnya, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh lebih banyak dari jumlah kalori yang keluar. Sebab, hal ini bisa memicu penumpukan lemak di bagian tubuh. 

Maka dari itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan lengkapi dengan olahraga agar berat badan terjaga. Selain itu, ada beberapa cara mengecilkan perut yang bisa dilakukan, antara lain: 

1.Biasakan Sarapan

Untuk mendapatkan perut rata, jangan lewatkan sarapan. Sebab, melewatkan sarapan bisa meningkatkan nafsu makan pada siang hari dan berujung pada makan berlebih. Kalau sudah begitu, risiko kenaikan berat badan menjadi lebih tinggi.

2.Hindari Makan Berlebih 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, prinsip untuk mendapatkan berat badan ideal adalah kalori yang masuk tidak lebih banyak dari jumlah kalori yang keluar. Maka dari itu, pastikan untuk mengontrol pola makan dan hindari makan berlebih. 

3.Pilih Makanan Bergizi 

Salah satu kunci untuk mendapatkan perut rata adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya serat dan tinggi protein. Jenis asupan ini bisa memberi rasa kenyang lebih lama sehingga kamu bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan. Selain itu, cobalah untuk mengurangi asupan karbohidrat sederhana dan makanan olahan, serta ganti asupan lemak jahat dengan lemak baik. 

4.Berolahraga 

Selain mengontrol pola makan, lengkapi juga dengan olahraga disiplin. Kombinasi ini merupakan cara mengecilkan perut yang cukup ampuh. Biasakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut, di antaranya: 

  • Jalan kaki.
  • Joging.
  • Yoga.
  • Pilates. 
  • Kardio.
  • Stomach crunch.
  • Bicycle Sit-up.
  • Plank.

Satu hal yang perlu disadari, mengecilkan perut adalah hal yang membutuhkan waktu. Maka dari itu, jangan memaksakan diri. Selain itu, jangan mudah putus asa dan lakukanlah latihan dan terapkan gaya hidup secara konsisten. Nyatanya, hal itu merupakan cara mengecilkan perut yang sehat dan cukup menjanjikan jika dilakukan dengan benar.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar