6 Manfaat Buah Blewah, dari Mencegah Dehidrasi hingga Menjaga Kesehatan Kulit

KBRN, PADANG; Manfaat buah blewah bagi kesehatan sangatlah beragam. Buah yang banyak dikonsumsi sebagai campuran minuman dan es buah ini, memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan baik bagi kesehatan.

Buah blewah merupakan buah yang mudah ditemukan di banyak daerah, karena dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Rasanya yang nikmat dan menyegarkan membuat buah ini digemari oleh banyak orang.

Buah blewah mengandung kalori yang cukup rendah, tetapi kaya akan nutrisi dan air. Hal ini menjadikan blewah sebagai salah satu buah yang baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada banyak manfaat buah blewah bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Buah blewah merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah blewah juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu mencegah kerusakan mata akibat efek radikal bebas.

Beberapa studi sejauh ini juga menyebutkan bahwa asupan vitamin A dan antioksidan yang tercukupi dapat mencegah terjadinya penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Mencegah dehidrasi

Ingin memenuhi asupan cairan tubuh, tetapi bosan minum air? Buah blewah bisa menjadi solusinya. Hal ini karena buah-buahan, termasuk buah blewah, memiliki kadar air yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

3. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat buah blewah yang juga tidak kalah penting adalah untuk menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C pada buah blewah dapat mendukung Produksi kolagen yang berperan penting dalam pembentukan jaringan kulit. Zat ini juga berperan dalam menjaga kulit tetap lentur dan kuat.

Selain itu, buah blewah juga banyak mengandung antioksidan yang penting untuk  mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mendukung tumbuh kembang janin

Beragam nutrisi pada buah blewah juga bermanfaat untuk ibu hamil di masa awal kehamilan ketika organ tubuh janin mulai berkembang.

Kandungan beragam nutrisi, seperti folat, protein, dan karbohidrat, pada buah blewah berkhasiat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, bayi lahir prematur, hingga berat lahir bayi rendah..

5. Mencegah sembelit

Kandungan serat dan air pada buah blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit..

Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat mencegah sembelit dan membantu Anda yang sedang menjalani diet agar merasa kenyang lebih lama tanpa mengonsumsi kalori berlebih.

6. Menurunkan tekanan darah

Buah blewah kaya akan antioksidan dan mineral kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontraksi dengan baik.

Selain beragam manfaat di atas, buah blewah juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada buah blewah.

Guna mengoptimalkan khasiat buah blewah, Anda juga perlu mencukupi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang berasal dari beragam jenis sayuran dan buah lainnya.

Tak hanya itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin, mencukupi waktu istirahat, dan mengelola stres juga penting untuk menjaga kesehatan..

Beberapa Tips Memilih Buah Blewah

Di Indonesia, buah blewah sering kali dikonsumsi sebagai menu buka puasa saat bulan Ramadan. Namun, agar manfaatnya dapat Anda peroleh secara optimal, pilihlah buah blewah yang memiliki kondisi baik.

Berikut ini adalah beberapa kriteria buah blewah yang baik untuk Anda konsumsi: Berbentuk bulat simetris, Memiliki guratan halus pada permukaan kulitnya, Memiliki warna kuning hingga sedikit jingga, Beraroma harum,Tidak memiliki tekstur lunak

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar