7 Manfaat Pelepah Pisang untuk Kesehatan, Sembuhkan Anemia

KBRN PADANG; Tanaman pisang merupakan tumbuhan berbatang basah yang besar, biasanya mempunyai batang semu yang tersusun dari pelepah-pelepah daun. Tangkai daun jelas beralur pada sisi atasnya, helaian daun lebar dan memanjang.

Terkenal memiliki buah yang enak dan kaya akan manfaat, membuat tanaman pisang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata pelepah pisang juga kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Umumnya pelepah pisang hanya sebagai limbah pertanian yang kurang mendapat perhatian masyarakat. Namun akhir-akhir ini, banyak juga masyarakat yang mulai menyadari akan manfaat pelepah pisang dan menjadikannya sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan mencegah bakteri menyebar ke dalam tubuh.

Pelepah pisang mengandung senyawa kimia antara lain saponin, tannin dan flavanoid. Senyawa-senyawa tersebut terkenal memiliki fungsi dalam bidang pengobatan. Sedangkan getah pelepah pisang mengandung saponin, antakruinon dan kuinon yang merupakan antibakteri yang dapat dimanfaatkan sebagai hand sanitizer. Lebih dari itu, masih banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari pelepah pisang.

Maka dari itu sebaiknya jangan buru-buru membuangnya. Berikut ini 7 manfaat pelepah pisang untuk kesehatan, sembuhkan anemia telah dirangkum merdeka.com melalui Eprints.ums.ac.id:

1. Obat Diabetes

Manfaat pelepah pisang yang pertama adalah dapat menjadi obat diabetes. Kamu bisa menjadikannya sebagai jus yang berfungsi untuk mengatur tingkat insulin dalam tubuh, maka sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Kandungan serat yang ada dalam batang pisang mampu mencegah kadar gula darah naik.

2. Menyembuhkan Anemia

Manfaat pelepah pisang berikutnya adalah dapat menyembuhkan anemia. Jus pelepah pisang kaya akan zat besi dan vitamin B6 yang berguna meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah.

Kandungan itu membuat jus batang pisang jadi bagian penting sebagai makanan untuk penderita anemia.

3. Mengatur Tekanan Darah

Pelepah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur tekanan darah. Maka dari itu pelepah pisang sangat berguna bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi, minum jus yang terbuat dari inti pelepah pisang yang lembut dapat membantu mengurangi dan mengatur tekanan darah.

4. Handsanitizer Alami

Kesehatan merupakan aspek yang paling penting dalam kehidupan, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah adalah dengan rajin mencuci tangan dengan air atau hand sanitizer bila tidak ada air. Telah banyak beredar hand sanitizer dengan beragam merk dan kandungan.

Namun, tahukah kamu, kalau ternyata getah pelepah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk jadi hand sanitizer alami. Hal ini tak lain karena getah pelepah pisang mengandung saponin, antakruinon dan kuinon yang merupakan antibakteri.

 5. Membakar Lemak di Perut

Menambahkan beberapa goresan jahe ke dalam jus pelepah pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Pasalnya, kombinasi kandungannya dapat membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Selain itu, jus pelepah pisang juga terkenal kaya akan serat sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pelepah pisang selanjutnya tak kalah penting. Tak hanya membakar lemak di perut, jus pelepah pisang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Tak lain karena jus pelepah pisang dapat memfasilitasi pergerakan usus dan menjaga perut tetap sehat. Seratnya memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah, serta membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

7. Membersihkan Saluran Kemih

Berikutnya, jus pelepah pisang juga bersifat diuretik sehingga mampu menghilangkan racun dan membersihkan saluran kemih. Minum jus batang pisang setidaknya tiga kali seminggu dapat mencegah infeksi saluran kemih

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar