Manfaat Kesehatan Konsumsi Makanan Plant-Based

KBRN, PADANG;  Pola makan plant-based bisa membantu mengontrol berat badan atau menurunkan berat badan. Lebih dari itu, diet ini juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes, sampai membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Secara lengkap, berikut manfaat plant-based diet

1. Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Daging mengandung lemak jenuh, yang dapat menyebabkan masalah jantung jika dimakan berlebihan. Jadi, Anda dapat meninimalkan risiko tersebut dengan mengurangi daging dan membuat makanan nabati.

Sebuah penelitian tahun 2019 di Journal of American Heart Association menemukan, diet plant-based mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 16 persen. Risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular juga berkurang hingga 31 persen.

Namun demikian, bukan sekadar membatasi daging, ya. Anda juga wajib menggantinya dengan asupan nabati yang sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan minyak sehat. Hindari konsumsi makanan nabati olahan.

2. Mencegah Diabetes Tipe-2

Berat badan berlebih adalah faktor risiko utama diabetes tipe-2. Alasannya, jaringan lemak yang lebih banyak membuat sel lebih resisten terhadap insulin.

Studi menunjukkan diet nabati memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan pada Juni 2016 di PLoS Medicine menemukan, pola makan plant-based dengan makanan nabati berkualitas tinggi mengurangi risiko diabetes tipe-2 hingga 34 persen. 

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Pola makan nabati membantu menjaga berat badan yang sehat. Hal tersebut sangat penting untuk mengurangi risiko kanker. Ya, kelebihan berat badan menyebabkan peradangan dan ketidakseimbangan hormon.

Saat kelebihan berat badan, risiko Anda lebih tinggi untuk kena beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara pasca-menopause, kanker rahim, dan kanker pankreas.

4. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Tumbuhan memiliki nutrisi penting yang tidak dapat Anda peroleh dari makanan lain, termasuk vitamin, mineral, serta antioksidan. Semuanya membantu menjaga kesehatan sel sehingga sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sistem kekebalan yang sehat penting untuk mengurangi risiko Anda terkena berbagai penyakit.

Pilihan Menu Makanan Plant-Based yang Bisa Dicoba!

Pilihan Menu Makanan Plant-Based yang Bisa Dicoba! Mau mencoba pola makan plant-based? Ada beberapa pilihan menu makanan yang bisa Anda coba.

Anda bisa makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat seperti olive oil dan canola. Lainnya, masih ada susu nabati seperti susu kedelai, susu almond, dan susu oat. Berikut contoh menu makanan plant-based yang bisa Anda coba. Di pagi hari, Anda bisa membuat tumis tahu atau oatmeal ditambah beberapa potong buah sebagai menu sarapan. 

Untuk makan siang, Anda bisa menyantap salad sayur bersama sepotong roti gandum. Tambahkan alpukat segar sebagai nutrisi tambahan. Bagaimana menu makan malam? Piza bersama topping sayuran dan jamur bisa santapan yang lezat. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi salad.

Meski terasa asing di awal, seiring waktu makan pola makanan plant-based akan menjadi kebiasaan. Dampingi pola makan tersebut dengan menjalani gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga setiap hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar