Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Biota Laut Dan Manusia

KBRN, Padang: Laut yang memiliki keindahan terumbu karang biasanya menjadi spot diving dan snorkeling yang banyak diminati. Namun, keberadaan organisme tersebut tidak hanya dapat memperindah lautan saja, lho. Faktanya, ada banyak manfaat terumbu karang bagi manusia, maupun biota laut yang ada di dalamnya.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Biota Laut dan Manusia

Peran terumbu karang sangat penting secara ekonomi, ekologi, maupun sosial. Nah, bagi yang penasaran ingin tahu semua manfaatnya, yuk, langsung cek saja informasi yang telah dirangkum berikut:

  1. Terumbu Karang Sebagai Pelindung Pesisir dan Pantai

Adanya terumbu karang di suatu pantai, ternyata berpengaruh terhadap energi ombak. Dengan adanya karang, ombak yang datang dari laut menuju daratan energinya akan menjadi kecil. Dengan begitu, ombak yang menuju daratan, tidak akan bisa merusak pantai.

Fungsinya sendiri hampir mirip dengan hutan bakau. Kehadiranya dapat menjaga ekosistem di pantai agar tetap terlindungi.

  1. Bagian Ekosistem yang Menunjang Kehidupan

Jika kamu perhatikan, ada banyak sekali makhluk hidup yang ada di sekitar terumbu karang. Hal tersebut dikarenakan, terumbu karang merupakan tempat untuk mencari makan, berkembang biak, hingga menyediakan tempat tinggal bagi berbagai biota laut.

Artinya, biota laut yang ada di sekitarnya, akan hidup bergantung pada tempat organisme tersebut. Itulah kenapa Fungsi terumbu karang bagi ikan tergolong cukup vital.

  1. Sebagai Sarana Untuk Rekreasi

Keindahan terumbu karang dapat membuat siapa saja terpesona. Khususnya bagi yang suka beraktivitas diving, maupun snorkeling. Itulah kenapa, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang diupayakan untuk melestarikannya. Misalnya seperti pemutihan sebagai bentuk upaya rehabilitasi.

Dengan adanya organisme ini, daya tarik suatu tempat wisata bisa turut meningkat. Dengan menjaga kelestariannya, berarti kita sudah membantu meningkatkan sektor pariwisata tanah air.

  1. Digunakan Sebagai Media Bibit Budaya

Seperti yang dijelaskan di atas, terumbu karang menjadi tempat tinggal sejumlah biota laut. Artinya, organisme ini bisa digunakan sebagai media bibit budidaya. Ada banyak jenis ikan yang hidup di tempat tersebut.

Nah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai mata pencaharian juga. Selain itu, organisme ini juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut dan teripang. Banyak sekali manfaat yang bisa membantu ekonomi masyarakat sekitar.

  1. Digunakan Sebagai Bahan Baku Obat dan Kosmetik

Ada banyak sekali hewan laut yang memiliki senyawa kimia bermanfaat. Itulah kenapa, banyak di antaranya yang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik maupun obat-obatan. Beberapa di antaranya biasanya hidup pada terumbu karang.

Jenis bahan yang biasanya digunakan seperti berbagai jenis alga. Umumnya alga digunakan untuk bahan pembungkus kapsul. Manfaat lainnya pun cukup beragam, mulai dari antibiotik, anti radang, hingga anti kanker. Bahkan, kabarnya masih banyak potensi lain yang belum tergali.

  1. Sumber Keanekaragaman Genetik dan Spesies

Terumbu karang merupakan organisme yang menjadi ekosistem dengan nilai keanekaragaman hayati tertinggi. Bahkan, dibandingkan dengan ekosistem laut lainnya, organisme ini memiliki biodiversitas yang sangat tinggi. Itulah kenapa, terumbu karang menjadi tempat bagi banyak spesies maupun genetik.

Jika kamu suka diving atau snorkeling, kamu pasti bisa melihat keanekaragaman spesies yang ada pada terumbu karang. Semakin banyaknya spesies tersebut, maka akan semakin banyak jenis biota yang bisa dimanfaatkan.

  1. Bisa Mengurangi Pemanasan Global

Sebagai informasi, gas CO2 tidak hanya bisa diserap oleh hutan saja, lho. Faktanya, laut juga menjadi media yang mampu menyerap gas CO2. Nah, di sini, peran batuan karang akan bersinergi dengan reaksi kimia.

Sinergi tersebut nantinya dapat mengubah CO2 menjadi zat kapur yang merupakan bahan baku terumbu itu sendiri.Secara ilmiah, proses di atas dikenal dengan istilah klasifikasi. Jika ditelisik lebih dalam, batuan karang tersebut, nantinya akan dibantu zooxanthellae, yang merupakan tumbuhan bersel satu. Tumbuhan tersebut, terdapat di dalam jaringan tubuh batuan karang.

  1. Sebagai Sarana Untuk Kegiatan pendidikan dan Penelitian

Di Indonesia, tidak sedikit daerah yang kaya akan terumbu karang digunakan untuk kegiatan penelitian dan pendidikan. Biasanya, pendidikan yang dilakukan yaitu untuk mengenal ekosistem di kawasan pesisir pantai, mengenal hewan laut, mengenal tumbuhan bawah laut, dan lainnya.

Selain itu, tidak sedikit juga yang menggunakan bebatuan karang ini sebagai penelitian. Pasalnya, organisme ini memiliki peran yang tergolong penting.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00