Manfaat Tanaman Serai Yang Tidak Terduga, Bisa Kendalikan Diabetes

KBRN,Padang.. Serah atau serai, selama ini digunakan sebagai bumbu masakan, terutama pada masakan Indonesia yang berkuah. Selain itu, batangnya juga digunakan penyedap teh karena rasa dan baunya yang khas.

Punya nama latin Cymbopogon citratus, umumnya dikenal sebagai serai atau sereh atau minyak rumput, sebenarnya adalah tanaman tropis asli Asia tropis yang sebagian besar bagian selatan India dan Sri Lanka.

Tajam, aroma dan aroma lemon menjadikannya sebagai tambahan yang lezat untuk tumisan, sup, kari, dan bumbu, terutama dalam masakan Vietnam dan Thailand.

Tetapi sereh ternyata punya manfaat lain yang belum banyak diketahui, yaitu ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut khasiat tanaman sereh untuk kesehatan yang belum banyak diketahui;

1. Dapat meringankan radang tenggorokan dan sakit tenggorokan.

2. Sering digunakan sebagai obat untuk mengurangi demam tinggi.

3. Memiliki sifat antijamur dan antibakteri, serai dapat menghambat bakteri dan pertumbuhan jamur. Karena itu, serai bisa diterapkan pada luka luar.

4. Kaya antioksidan. Tanaman ini dapat mendorong hati dan pankreas untuk lebih cepat mengeluarkan racun.

5. Serai juga mengobati masalah pencernaan termasuk gastroenteritis dan dapat membantu dalam mengurangi sembelit. 

Ini bermanfaat dalam pencegahan gangguan pencernaan seperti tukak lambung, membantu merangsang fungsi usus, dan meningkatkan pencernaan.

6. Mengandung zat yang memiliki sifat antidepresan. Ini bermanfaat bagi mereka yang hatinya lagi galau, berada dalam kondisi cemas dan depresi.

7. Kandungan Vitamin A dalam serai membuatnya bermanfaat untuk masalah kulit seperti jerawat. Ini dapat membantu mencerahkan kulit.

 8. Serai dapat mengendalikan keringat yang berlebihan, sehingga bisa mengurangi risiko bau badan.

9. Serai cukup efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel normal tubuh yang sehat.

10. Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen tertentu, citral, yang terdapat dalam serai, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah produksi sel kanker lebih lanjut.

11. Serai membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesiknya.

12. Serai menurunkan kolesterol karena memiliki sifat emik antihiperlipidemia dan kolesterol yang mendukung kadar kolesterol sehat.

13. Serai berfungsi sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, Athlete's Foot, scabies, dan infeksi saluran kemih (ISK) karena sifat antimikroba dan anti jamurnya.

14. Serai membantu memulihkan sistem vital yang beroperasi di dalam tubuh, termasuk pencernaan, pernapasan, ekskresi, dan sistem saraf.

15.  Serai terdiri dari sitral, yang telah terbukti efektif dalam memerangi obesitas. Ini mencegah akumulasi lemak perut dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, yang membantu dalam mencegah kenaikan berat badan akibat diet.

16. Serai membantu dalam mendetoksifikasi tubuh, membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya keluar dari tubuh, sebagai hasil dari sifat diuretiknya.

17. Sereh membantu menenangkan otot dan saraf, yang membantu dalam menyebabkan tidur nyenyak mengusir insomnia.

18. Penelitian telah menunjukkan bahwa sitrat yang ada di dalamnya membantu      mempertahankan kadar insulin yang optimal dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh sehingga sereh sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

19. Minyak sereh secara luas digunakan dalam aromaterapi, karena efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi tubuh.

Efek mendinginkan dari minyak serai bermanfaat bagi tubuh selama cuaca panas dan mempromosikan kebangkitan pikiran dan jiwa.

20. Serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifat pembersihan dan antibakterinya yang membantu memerangi bau badan dan mencegah infeksi jamur dan bakteri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00