Fenomena Alam yang Terjadi Secara Berkala

KBRN, Padang : Abrasi pantai yang terjadi di kawasan pesisir Kota Padang  menurut Kabid Kedaruratan dan  Logistik BPBD Sumatera Barat, Rumainur  semacam fenomena alam yang terjadi dalam kurun waktu berkala yakni tiga atau empat tahunan.  Bagi masyarakat nelayan yang sudah memahami fenomena alam, tentunya tidak terlalu paniki  karena tidak  lagi melihat kejadian alam tersebut sebagai sesuatu yang baru.

Namun demikian jelas Rumainur, masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan pantai tetap harus waspada kendati sejauh ini belum ada imbauan dari pemerintah daerah untuk   langkah evakuasi lebih lanjut.

" Luapan ombak  berpasir  yang melimpah   ke jalan-jalan tidak hanya ditemui pada satu lokasi/. Selain Pantai Padang, kejadian serupa juga ditemui di Pasia Jambak, Kecamatan Koto Tangah.  Hingga sejauh ini belum ada laporan yang masuk ke BPBD terkait kerusakan yang ditimbulkan  akibat luapan ombak tersebut, " ungkap Rumainur.

Rumainur memperkirakan abrasi pantai atau luapan  ombak yang membawa pasir  ke jalan-jalan berlangsung selama lebih kurang seminggu. Sejauh itu warga diminta tetap waspada  karena dari  pihak BPBD   terus  memantau perkembangan situasi. Jika dampak yang ditrimbulkan sudah mengarah pada keruskaan,  dari pihak terkait akan menginformasikan langkah-langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk penanganan kebencanaan di  lokasi terdampak bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar