ANTISIPASI BENCANA, SIAPKAN KAMPUNG TANGGUH BENCANA

KBRN, Padang : Penguatan  mitigasi bencana kepada masyarakat secara berkesinambungan terus dilakukan. Sehingga masyarakat lebih paham dalam menghadapi bencana, seperti gempa di sertai tsunami. Kepada RRI, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril mengatakan, penguatan mitigasi bencana tersebut dilakukan secara sosialisasi dan simulasi.  Selain itu pembentukan kelompok siaga bencana KSB di 104 Kelurahan di Kota Padang. Terutama bagi daerah yang berada di zona merah.

Lebih lanjut Basril menjelaskan, melalui kelompok siaga bencana atau KSB ini, informasi terkait kebencanaan di setiap Kelurahan akan lebih mudah di dapati.

“Kita sudah bentuk kelompok siaga bencana KSB ini, KSB ini sebagai perpanjangan tangan kami dalam penyampaian informasi bencana, “ujar Basril, Jum’at (21/01/2022).

Sementara itu Lurah Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat Kota Padang Eka Saputra mengatakan, Kelurahan Kampung Pondok juga berada di zona merah, jika terjadi gempa disertai tsunami//

“Memang wilayah kita sangat dekat dengan bibir pantai, yakni berjarak sekitar 50 meter dan juga termasuk dalam zona merah,”ujar Eka Saputra.

Lebih lanjut Eka Saputra menjelaskan, sosialisasi dan edukasi tentang kebencanaan kepada masyarakat terus di lakukan dalam setiap kesempatan. Selain itu pihaknya juga mengaktifkan relawan relawan kebencanaan.

“Edukasi terus kita lakukan, masyarakat harus paham ancaman bencana apa yang akan terjadi, selain itu menggiatkan kembali relawan bencana,”tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar