AHLI GEOLOGI, EWS INFORMASI BAGI MASYARAKAT

KBRN, Padang :  Sistem peringatan dini atau early warning system yang ada di Sumatera Barat saat ini sudah mulai berfungsi dengan baik. Early Warning System ini merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda tanda alam lainnya.

Hal tersebut dikatakan oleh Ahli Geologi Sumatera Barat Ade Edward kepada RRI. Dijelaskan Ade Edward,  peringatan dini pada masyarakat atas bencana merupakan tindakan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat.  Dalam keadaan kritis, secara umum peringatan dini yang merupakan penyampaian informasi tersebut diwujudkan dalam bentuk sirine, kentongan dan lain sebagainya.

Namun untuk saat ini dijelaskan Ade Edaward, bagaimana kesiapan masyarakat untuk merespon bencana seperti gempa. Menurutnya masyarakat harus dapat mengenali karakter gempa tersebut, sehingga ketika terjadi gempa, masyarakat dapat bertindak secara pribadi atau mandiri.

“Memang edukasi kepada masyarakat terkait dengan kesiapannya itu sangt dibutuhkan, masyarakat harus mandiri untuk menyelamatkan dirinya terlebih dahulu, pahami karakter gempanya, ”ujar Ade Edward, Selasa (18/01/2022).

Lebih lanjut Ahli Geologi Ade Edward menjelaskan, respon gempa secara mandiri itu dapat dilakukan melalui sosialisasi baik in door maupun out door dan simulasi secara berkala, sehingga masyarakat mampu dalam menyikapi bencana.

Untuk itu pihaknya berhaap, masyarakat untuk dapat merespon informasi dengan cepat dan tepat. Kesigapan dan kecepatan reaksi masyarakat diperlukan karena waktu yang sempit dari saat dikeluarkannya informasi dengan saat datangnya bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar